Cek Fakta: Video menakutkan tentang gelombang raksasa yang menabrak kapal BUKAN dari Indonesia–itu sudah berumur satu dekade

Cek Fakta: Video menakutkan tentang gelombang raksasa yang menabrak kapal BUKAN dari Indonesia–itu sudah berumur satu dekade

Sebuah video sebuah kapal yang terjebak dalam gelombang raksasa membuat putaran di media sosial setelah gempa bumi melanda Indonesia, menewaskan 260 orang dan melukai ratusan lainnya.

Thiruvananthapuram,DIPERBARUI: 24 Nov 2022 23:44 IST

Sebuah video sebuah kapal yang terjebak dalam gelombang raksasa membuat putaran di media sosial setelah gempa bumi melanda Indonesia, menewaskan 260 orang dan melukai ratusan lainnya.

Oleh Sreejisha Laila: Gempa berkekuatan 5,6 SR menyebabkan lebih dari 260 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka Pulau Jawa utama Indonesia pada 21 November. Di antara banyak video bencana alam dan akibatnya yang dibagikan di media sosial adalah video sebuah kapal yang terjebak dalam gelombang raksasa.

itu video yang menakutkan tembakan dari kapal itu sendiri, menunjukkan gelombang raksasa menabrak haluannya. Intensitas air di satu titik bahkan memotong pandangan kamera. Mereka yang membagikannya mengklaim bahwa itu berasal dari Cianjur, sebuah kota dan kabupaten di provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Beberapa mengklaim bahwa lebih dari 50 orang meninggal sementara yang lain mengatakan jumlahnya 160. Versi arsip dari postingan semacam itu dapat dilihat di sini lainnya di sini. Patut dicatat bahwa kota yang paling terpukul saat gempa dilaporkan adalah Cianjur.

AFWA menemukan bahwa video tersebut menunjukkan kapal patroli Lepas Pantai Angkatan Laut New Royal Selandia Baru HMNZS Wellington berlayar ke Antartika dan berasal dari sekitar satu dekade lalu.

PEMERIKSAAN AFWA

Pencarian gambar terbalik dari bingkai utama video mengarahkan kami ke laporan tahun 2016 yang dipublikasikan di situs web MarineInsight Menurut laporan tersebut, rekaman ini memperlihatkan kapal Angkatan Laut Kerajaan Selandia Baru HMNZS Otago dihantam gelombang setinggi 20 meter. Kapal tersebut dilaporkan sedang melakukan patroli selama tiga minggu di Samudra Selatan atau Samudra Antartika ketika menghadapi gelombang tersebut. Laporan tersebut juga memuat tentang Video Youtube yang dibagikan oleh seseorang bernama Alex Croucher pada 24 Desember 2015.

READ  Top 30 der besten Bewertungen von Lock And Lock Getestet und qualifiziert

Hal yang sama dilaporkan oleh Daily Mail pada tahun 2016. Ini laporan juga, termasuk video YouTube yang sama.

Berdasarkan gagasan bahwa kapal itu adalah bagian dari Angkatan Laut Kerajaan Selandia Baru, kami menjalankan pencarian kata kunci dan menemukan video serupa yang dibagikan di saluran YouTube Angkatan Laut Kerajaan Selandia Baru. Video 2012 ini, yang berisi klip viral, bagaimanapun, tidak mencantumkan kapal tersebut sebagai HMNZS Otago. Sebaliknya, video tersebut menyebutkan bahwa itu adalah HMNZS Wellington. Sesuai deskripsi video, klip tersebut diambil selama uji coba laut oleh Angkatan Laut.

Video dimulai dengan teks tentang pengujian kapal patroli lepas pantai baru Angkatan Laut di Samudra Selatan atau Samudra Antartika pada Februari 2011. Simon Griffith, Komandan HMNZS Wellington, menjelaskan perjalanan tersebut dalam video.

Keduanya HMNZS Wellington lainnya HMNZS Otago adalah Kapal Patroli Lepas Pantai, “dirancang untuk pengawasan maritim, pasokan dan dukungan serta misi patroli di sekitar pantai Selandia Baru sepanjang 15.000 kilometer, Samudra Selatan, dan ke Pasifik.”

Dengan demikian, jelas bahwa video ini tidak ada kaitannya dengan gempa di Indonesia.

(Dengan masukan dari Ashish Kumar)

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut