Cara Menangkap Hujan Meteor Draconid

Cara Menangkap Hujan Meteor Draconid

Ilustrasi untuk artikel berjudul Cara Menangkap Hujan Meteor Draconid

Foto: peresanz.dll (Shutterstock)

Oktober akan menjadi bulan yang sangat bagus untuk peristiwa astronomi. Tidak hanya menawarkan dua kesempatan untuk melihat bulan purnama—Dengan salah satu yang melibatkan penampilan oleh Mars juga — ada juga beberapa hujan meteor pada jadwal langit malam. Dan ternyata, satu terjadi minggu ini. Berikut cara menangkap hujan meteor Draconid malam ini.

Apa itu hujan meteor Draconid?

Hujan meteor Draconid terjadi setiap tahun, dengan beberapa tampilan lebih mengesankan daripada yang lain. (Misalnya, pada tahun 1933, pengamat di Eropa melihat sebanyak 500 Draconid per menit.) Kami tidak mungkin melihat sesuatu seperti itu lagi, tetapi itu tidak berarti tidak ada gunanya mengintip ke luar malam ini untuk melihat sekilas beberapa bintang jatuh (hanya kata lain untuk meteor).

Bagaimana cara menonton hujan meteor Draconid

Setiap tahun, hujan meteor ini mulai aktif Okt. 6 – 10. Awalnya diperkirakan bahwa tadi malam, 7 Oktober, akan menjadi puncaknya, meski itu hanya tebakan. Ypeluang kita untuk melihat beberapa bintang jatuh malam ini mungkin sama baiknya. Bahkan mungkin ada lebih banyak kesempatan sampai Sabtu malam, jadi perhatikan langit.

Berdasarkan EarthSky, terlepas dari lokasi Anda, waktu terbaik untuk melihat hujan meteor Draconid adalah saat malam tiba atau menjelang malam, dan pasti sebelum tengah malam. Ini karena bulan bungkuk yang memudar (yang sekitar 75% diterangi) tidak akan terbit sampai tengah hingga larut malam, membuatnya lebih gelap saat malam tiba dan meningkatkan peluang Anda untuk melihat meteorik layar.

Hujan meteor akan lebih terlihat di Belahan Bumi Utara daripada di Belahan Bumi Selatan, meskipun “bahkan di garis lintang utara, Draconid biasanya hujan sangat sederhana, hanya menawarkan sedikit meteor yang bergerak lambat per jam,” menurut EarthSky.

Lebih banyak meteor yang akan datang

Jika hujan meteor Draconid bukanlah semua yang Anda harapkan (yang merupakan kemungkinan yang berbeda), jangan khawatir — Anda akan memiliki kesempatan lain untuk melihat meteor bulan ini. Secara khusus, Orionid akan mencapai puncaknya pada malam Oktober. 20 – 21. Pantau terus: kami akan memberi Anda lebih banyak astronomi informasi lebih dekat dengan itu tanggal.

READ  Para astronom menemukan kemungkinan pendorong roket Bulan era 60-an menuju kembali ke Bumi

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut