Anda pernah mendengar tentang Vantablack. Ilmuwan Baru Menciptakan ‘Super White’, Dan Sangat Keren

Anda pernah mendengar tentang Vantablack.  Ilmuwan Baru Menciptakan ‘Super White’, Dan Sangat Keren

Para ilmuwan telah menciptakan cat super putih yang merupakan yin bagi Vantablack yang.

Sementara bahan ultra hitam saat ini dapat menyerap lebih dari 99,96 persen sinar matahari, lapisan super putih baru ini dapat memantulkan 95,5 persen dari semua foton yang menghantamnya.

Alih-alih melakukan pemanasan di bawah cahaya langsung, objek yang dilukis dengan bahan akrilik baru ini bisa tetap lebih dingin daripada suhu sekitarnya bahkan di bawah Matahari, yang memungkinkan adanya cara baru yang hemat energi untuk mengontrol suhu di dalam gedung.

“Cat penolak panas” lain yang kami miliki saat ini hanya dapat memantulkan 80 hingga 90 persen sinar matahari dan tidak dapat mencapai suhu yang lebih rendah dari suhu lingkungan.

“Merupakan tugas terus-menerus untuk mengembangkan solusi pendinginan radiatif di bawah ambien yang menawarkan bentuk cat matriks-partikel lapisan tunggal yang nyaman dan keandalan yang tinggi,” kata insinyur mesin Xiulin Ruan di Purdue University di Indiana.

“Ini sangat penting untuk penerapan luas pendinginan radiasi dan untuk mengurangi efek pemanasan global.”

Di musim panas, banyak bangunan modern mengandalkan unit AC yang mendorong panas dari dalam bangunan ke luar. Hal ini, bersama dengan panas berlebih yang dihasilkan melalui energi kuat yang dibutuhkan untuk mencapai pendinginan berkontribusi dalam mengubah kota menjadi “pulau panas“dan semakin memperburuk pemanasan global.

Pendinginan radiasi adalah teknologi pasif yang memantulkan panas dari sebuah bangunan ke luar angkasa, tetapi jauh lebih sulit untuk dicapai daripada pemanasan radiasi.

Sejak tahun 1970-an, para ilmuwan telah mencoba mencari cara untuk memantulkan sinar matahari yang cukup sehingga pendinginan pasif lebih efektif daripada AC aktif.

READ  Pertempuran untuk Mars: Bagaimana Elon Musk, Blue Origin, dan AS dapat mendirikan pemerintahan luar angkasa pertama

Baru-baru ini, beberapa bahkan mencoba menyusun ‘panel surya terbalik’, yang dapat menangkap sebagian dari panas yang keluar dan mengubahnya menjadi energi, bahkan di malam hari.

Tetapi saat ini ini masih hanya konsep, dan tidak jelas apakah perangkat tersebut benar-benar dapat bekerja di luar simulasi belaka.

Pengecatan bangunan tempat tinggal dan komersial dengan warna super putih bisa menjadi pendekatan yang lebih layak, setidaknya dalam waktu dekat.

Cat akrilik baru dibuat dengan menggunakan pengisi kalsium karbonat dengan konsentrasi partikel tinggi dan berbagai ukuran, yang dapat secara efisien menyebarkan semua panjang gelombang spektrum matahari.

Matriks cat juga memiliki puncak resonansi getaran, yang memastikan sejumlah besar panas dipantulkan ke luar – dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada yang dapat dicapai oleh cat pendingin lainnya.

Selama dua hari uji lapangan di lokasi yang berbeda dan dalam berbagai kondisi cuaca, para peneliti menguji kemampuan pendinginan radiatif cat dan menemukan itu bisa menyebarkan 95,5 persen sinar matahari, tersisa 10 derajat C di bawah suhu lingkungan pada malam hari dan setidaknya 1,7 derajat C di bawah suhu lingkungan. di siang hari.

Dibandingkan dengan permukaan yang dilapisi dengan cat putih komersial dengan ketebalan yang sama, benda yang dilapisi cat kalsium karbonat mempertahankan suhu yang jauh lebih rendah dalam rekaman inframerah.

Terlebih lagi, kuas cat ini tetap menyala dan mengering dengan cara yang sama, dan tahan abrasi, tahan air dan dapat menahan pelapukan luar ruangan setidaknya selama tiga minggu, meskipun uji coba yang lebih lama sedang berlangsung.

“Cat kami kompatibel dengan proses pembuatan cat komersial, dan biayanya mungkin sebanding atau bahkan lebih rendah,” kata Ruan.

READ  SpaceX memenangkan persetujuan militer AS untuk meluncurkan booster Falcon yang digunakan kembali

“Kuncinya adalah memastikan keandalan cat sehingga dapat digunakan untuk aplikasi luar ruangan jangka panjang.”

Penulis mengatakan cat mereka adalah “kinerja pendinginan radiatif terbaik yang dilaporkan”, meskipun mereka mengakui bahwa selama meninjau hasil mereka, tim lain menerbitkan kertas berpendapat cat pendingin harus mencakup konsentrasi tinggi dari partikel celah pita lebar.

Mereka juga menyarankan untuk menggabungkan polimer berbasis fluorokarbon, yang menunjukkan ketahanan tinggi terhadap pelapukan.

“Banyak cat putih konvensional, sementara direkayasa agar tahan lama, mengalami penurunan reflektansi matahari dari waktu ke waktu,” makalah terbaru lainnya menjelaskan.

“Bahan seperti pengikat berbasis fluoropolymer dapat meningkatkan masa reflektansi dan dengan demikian menurunkan biaya rata-rata tahun.”

Menciptakan cat satu lapis yang dapat memantulkan panas langsung ke luar angkasa tanpa memerlukan masukan energi akan menjadi kemenangan besar untuk krisis iklim, karena pendinginan biasanya ditenagai oleh bahan bakar fosil dan memiliki dampak keseluruhan yang besar pada pemanasan global.

Cat baru masih harus menjalani beberapa tes lagi, tapi patennya sudah diajukan. Namanya belum diungkapkan.

Studi ini dipublikasikan di Laporan Sel Ilmu Fisik.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut