Pengaruh AS di Pasifik berkurang karena respons pandemi: lembaga pemikir

Pengaruh AS di Pasifik berkurang karena respons pandemi: lembaga pemikir

SYDNEY (Kyodo) – Amerika Serikat telah kehilangan pengaruh yang cukup besar di kawasan Indo-Pasifik karena penanganan pandemi virus korona domestik dan internasional, menurut penilaian yang dirilis oleh sebuah lembaga pemikir Australia pada hari Senin.

Indeks Kekuatan Asia, yang dirilis oleh Lowy Institute independen di Sydney, memberi peringkat 26 negara dan wilayah menurut kekuatan yang mereka miliki di wilayah tersebut. Kekuasaan diukur dalam delapan kategori, termasuk kemampuan militer, sumber daya ekonomi, dan pengaruh diplomatik.

Meskipun Amerika Serikat mempertahankan posisinya sebagai negara paling kuat di kawasan dengan 81,6 poin, keunggulan 10 poinnya atas China di tempat kedua pada tahun 2018 telah berkurang setengahnya pada tahun 2020.

Herve Lemahieu, direktur Program Kekuasaan dan Diplomasi Asia institut itu, mengatakan fakta bahwa Amerika Serikat “menderita pukulan reputasi terbesar di kawasan itu” atas penanganan pandemi menunjukkan “konsekuensi dari kegagalan dalam kepemimpinan global.”

“Hasilnya adalah pengingat yang kuat bahwa legitimasi dan kepemimpinan di panggung dunia dimulai dengan kapasitas para pemimpin untuk memerintah dengan baik di rumah,” tulis Lemahieu dalam temuannya.

Meskipun pandemi juga menyebabkan kerusakan reputasi ke China – yang skornya tetap tidak berubah di 76,1 – pemulihan ekonomi Beijing yang kuat akan membuat ekonominya menjadi lebih penting bagi kawasan itu, menurut laporan itu.

China juga meningkatkan kemampuan militernya, yang kini menempati urutan kedua setelah Amerika Serikat.

Namun, Lemahieu mengatakan kurangnya kepercayaan antara China dan tetangganya berarti kecil kemungkinan Beijing akan menyalip Amerika Serikat sebagai penjamin keamanan di wilayah tersebut.

Berdasarkan tren saat ini, China diperkirakan akan menutup “celah kekuatan” dengan Amerika Serikat pada akhir dekade ini.

READ  Ribuan gunung berapi aktif di Indonesia mengungsi

Peringkat tempat ketiga Jepang dengan 41 poin tetap tidak berubah, dan terus digambarkan sebagai “kekuatan cerdas klasik” yang memiliki pengaruh besar di wilayah tersebut meskipun sumber dayanya terbatas.

Namun, laporan tersebut memperkirakan Tokyo akan membutuhkan sebagian besar dekade untuk pulih secara ekonomi dari pandemi.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut