Indonesia: Pemantauan Dampak Bahaya Hidrometeorologi (Juli – September (Q3) 2022) – Indonesia

Indonesia: Pemantauan Dampak Bahaya Hidrometeorologi (Juli – September (Q3) 2022) – Indonesia

Lampiran

pesan kunci

Situasi Iklim – Q3 2022: Dari Juli hingga September 2022, curah hujan di seluruh Indonesia lebih tinggi dari rata-rata jangka panjang tiga puluh tahun. Ini adalah hasil dari awal musim hujan yang dikombinasikan dengan fenomena La Niña yang terus berlanjut. Sebagian besar wilayah di Jawa, Sulawesi, Kalimantan,
Maluku, Papua dan Sumatera bagian selatan mengalami curah hujan di atas normal, sedangkan Sumatera bagian utara, Kalimantan dan Papua mengalami curah hujan di bawah normal sehingga terjadi tiga kondisi dibandingkan rata-rata jangka panjang.

Dampak Bencana Iklim dan Hidrometeorologi terhadap Pertanian: Kementerian Pertanian melaporkan bahwa banjir dan kekeringan menjadi penyebab utama gangguan tanaman padi pada Agustus 2022. Baik banjir maupun kekeringan mempengaruhi total 1.500 hektar penanaman padi. Sekitar 80% gangguan budidaya padi disebabkan oleh banjir; 20% gangguan banjir mengakibatkan gagal panen.

Status Ketahanan Pangan dan Gizi: Badan Pangan Nasional telah melaporkan bahwa sebagian besar provinsi aman pangan pada Agustus 2022. Tiga puluh satu provinsi ditemukan stabil, sementara tiga provinsi diwaspadai kemungkinan penurunan ketahanan pangan dan gizi. Ini termasuk Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat dan Sulawesi Barat.

Dampak Bencana – Q3 2022: Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan bahwa setidaknya 634 bencana terjadi antara Juli dan September 2022, yang merupakan peningkatan 35% dibandingkan periode yang sama di tahun 2021. Sebagian besar bencana disebabkan oleh bahaya hidrometeorologi termasuk banjir, kekeringan , tanah longsor, cuaca ekstrim (misalnya, badai dan siklon). Empat puluh persen dari semua bencana terjadi di Jawa Barat,
Aceh, dan Jawa Timur.

Produksi Beras – Jan hingga Sep 2022: Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa antara Januari dan September produksi beras mencapai 26,1 juta ton. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, luas panen dan produksi padi hanya mengalami penurunan tipis masing-masing sebesar 0,86% dan 0,22%. Secara keseluruhan, BPS memperkirakan produksi beras nasional mencapai 32 juta ton pada akhir tahun atau naik 2,3% dibandingkan tahun 2021.

READ  Top 30 der besten Bewertungen von Auto Usb Adapter Zigarettenanzünder Getestet und qualifiziert

Prakiraan Iklim Pertanian: Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memperkirakan bahwa 5,4 juta hektar penanaman padi akan menerima lebih banyak curah hujan antara Oktober dan Desember 2022 daripada rata-rata jangka panjang tiga puluh tahun. Lebih dari 80% areal pertanaman padi di Jawa diperkirakan mengalami curah hujan di atas normal. Ini menimbulkan risiko banjir dan gangguan hama, yang dapat menyebabkan gagal panen.

Prakiraan Iklim – Nov 2022 hingga Jan 2023: Fenomena La Niña masih berlangsung dan diperkirakan akan berlanjut, meskipun dengan efek yang lebih lemah hingga akhir tahun. Fenomena La Niña saat ini terus berlangsung selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2020 (Triple-dip La Niña). Tren terbaru menunjukkan bahwa anomali ENSO sekarang terjadi setiap 2-3 tahun sekali. Sebelum tahun 1980, peristiwa ini hanya terjadi setiap 5 tahun sekali. Peningkatan curah hujan diperkirakan terjadi di Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua. Curah hujan di Sumatera dan Kalimantan diperkirakan normal, sedangkan curah hujan di bawah normal diperkirakan terjadi di Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut