Simbol pada KTT G20 di Indonesia dan artinya

Simbol pada KTT G20 di Indonesia dan artinya

Awal bulan ini, sebuah kontroversi yang tidak beralasan pecah ketika Kongres melancarkan serangan pedas terhadap pemerintah Modi atas penyertaan simbol teratai dalam logo KTT G20 berikutnya yang baru diluncurkan di India pada tahun 2023.

Sementara ada sedikit rasionalitas dalam kritik Kongres memilih teratai sebagai simbol KTT G20 berikutnya, yang segera ditunjukkan oleh PM Modi, yang menjelaskan pentingnya bunga teratai dan keterikatannya dengan budaya India. “Bunga teratai melambangkan warisan Purana kami, Aastha (keyakinan) dan Boddhikta (intelektualisme) kami,” kata PM Modi.

Garuda, Wisnu, dan Teratai: Simbol Hindu di tempat KTT G20 di Indonesia

Namun, tahukah Anda ada hubungan teratai dengan KTT G20 yang sedang berlangsung di Indonesia? Ya ada. itu lokasi di mana puncak berlangsung memiliki Lotus Pond. Presiden Joko “Jokowi” Widodo memilih taman Garuda Wisnu Kencana (GWK) sebagai tempat penyelenggaraan KTT G20 tahun ini. Garuda adalah singkatan dari dewa Hindu dan makhluk suci yang disebutkan dalam agama Hindu, Budha dan Jain, Wisnu (Wisnu) adalah Dewa Hindu sedangkan Kencana (Kanchana) adalah kata Sansekerta untuk Emas.

Pada hari Selasa, yaitu tanggal 15 November, Lotus Pond menyelenggarakan makan malam penyambutan bagi para pemimpin G20, memberikan kesempatan untuk mempromosikan warisan budaya taman dan keindahan yang luar biasa kepada delegasi internasional.

Lotus Pond merupakan landmark outdoor terbesar di Garuda Wisnu Kencana (GWK), berkapasitas lebih dari 7.500 orang. Direktur Operasional GWK, Stefanus Yonathan Astayasa, memperkirakan 300-400 tamu akan hadir dalam jamuan tersebut, sedangkan delegasi lainnya akan menikmati makan malam di restoran Jendela Bali.

“Direncanakan sekitar 300-400 orang akan menghadiri jamuan makan malam di Lotus Pond. Yang lainnya, khusus peserta G20 yang tidak mengikuti acara, bisa makan malam di Restoran Jendela Bali,” ujar Stefanus.

READ  Indonesia Akan Bangun Sirkuit Formula 1 di Bintan Kepulauan Riau

Tempat KTT G20: Telaga Teratai dengan gambar Dewa Hindu Wisnu di gunung Garudanya

Area Lotus Pond memiliki mural yang indah di dinding tebing kapur yang berjejer di sisi kanan dan kiri. Di ujung barisan berdiri patung Garuda megah yang menggendong dewa Hindu Wisnu di punggungnya.

Tempat pengairan suci Tirta Agung berbaris di pintu masuk ke Telaga Teratai. Pahatan lempengan relief menyapa pengunjung dengan kisah burung Garuda Wisnu Kencana yang menjadi tunggangan setia Dewa Pelindung.

Wisnu, yang dianggap oleh umat Hindu sebagai dewa penjaga alam semesta, duduk di atas gunungnya Garuda, membawa teratai di tangannya, simbol keindahan, kemakmuran, dan kesuburan. Akarnya mungkin tertanam jauh di dalam lumpur, tetapi bunganya tumbuh dari kedalaman yang suram dan mekar tanpa terpengaruh, melambangkan harapan dan keuletan dalam menghadapi kesulitan dan tekad yang tak tergoyahkan untuk mengatasi kesulitan.

“Kami berencana untuk memanjakan pengunjung dengan pengalaman yang benar-benar baru, mulai dari lantai dasar patung hingga lantai 23. Tujuan kami adalah untuk membuat kesan yang tak terlupakan bagi wisatawan dan delegasi, ”tambah Stefanus. Dia juga menambahkan bahwa KTT G20 berdampak positif pada taman dan menggerakkan manajemen untuk memperbaiki lebih banyak fasilitas dan melembagakan peningkatan baru di dalamnya.

Warisan budaya dan agama bersama antara India dan Indonesia

India dan Indonesia tidak hanya dihubungkan oleh perdagangan internasional atau hubungan bilateral yang telah berlangsung puluhan tahun, tetapi juga oleh agama dan warisan budaya yang berasal dari ribuan tahun yang lalu. Pengikut Hindu, Buddha, dan kemudian Islam melakukan perjalanan ke Indonesia dari pantai India, dan dalam prosesnya, memperkenalkan penduduk asli di Indonesia dengan praktik budaya lokal.

READ  Kapten bola basket Arki Dikania Wisnu menempatkan ring Indonesia di peta - Sel, 28 Juni 2022

Kesenian dan drama rakyat Indonesia mengambil inspirasi dari epos Hindu Ramayana dan Mahabharata, menggarisbawahi kekayaan harmoni budaya antara kedua negara.

Patung-patung di Indonesia terinspirasi oleh seni Hindu, termasuk gerbang (gapura), arca (arca) dan candi (candi), dengan candi yang didedikasikan untuk Dewa dan Dewi Hindu. Ada candi yang didedikasikan untuk Dewa Wisnu, Dewi Lakshmi, dan Dewi Saraswati di kepulauan Indonesia, selain candi dewa Hindu lainnya.

Bahkan adat dan tradisi yang dipraktikkan di India menemukan resonansi yang besar dengan adat lokal Indonesia, menyoroti dominasi budaya India dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut