Prabowo Subianto dan Pilpres Indonesia Berikutnya

Prabowo Subianto dan Pilpres Indonesia Berikutnya

Indonesia, salah satu dari dua negara demokrasi terkuat di Asia Tenggara, selanjutnya akan mengadakan pemilihan presiden pada tahun 2024. Setelah diduga menggoda gagasan untuk mencoba mengubah undang-undang untuk memungkinkan dirinya untuk masa jabatan ketiga, presiden saat ini Joko Widodo, atau Jokowi, telah mundur dan akan keluar dari kantor pada tahun 2024.

Meski pemilu tinggal dua tahun lagi, menteri pertahanan saat ini Prabowo Subianto tampaknya telah mengangkat topinya ke atas ring. Dia telah mendaftarkan partainya untuk pemilihan nasional 2024, sebuah tanda penting bahwa dia berencana untuk mencalonkan diri sebagai presiden untuk ketiga kalinya. (Dia kalah dua kali dari Jokowi, tetapi kemudian bergabung dengan kabinet “tenda besar” Jokowi sebagai menteri pertahanan.) Jokowi dengan mudah mengalahkan Prabowo, tetapi tanpa Jokowi di Pilpres 2024, Prabowo bisa menjadi kandidat yang jauh lebih kuat daripada dua pemilu sebelumnya. Dia karismatik, memiliki pengakuan nama yang hampir universal di Indonesia, dan tetap menjadi sorotan nasional dalam perannya sebagai menteri pertahanan.

Lebih lanjut tentang:

Indonesia

Asia Tenggara

Masa Depan Demokrasi

Sangat disayangkan bahwa Jokowi membantu merehabilitasi Prabowo, karena Prabowo akan menjadi bahaya besar bagi demokrasi di Indonesia. (Dalam saya baru-baru ini blog, saya menjelaskan bagaimana demokrasi bisa menjadi lebih buruk di banyak negara Asia Tenggara pada tahun 2023 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya). Jokowi mungkin bisa mendukung Prabowo di Pilpres 2024, karena partai mereka semakin dekat.

Prabowo telah berulang kali menjelaskan bahwa menurutnya terobosan reformasi demokrasi Indonesia dalam beberapa dekade terakhir adalah sebuah kesalahan. Dia percaya negara akan lebih baik dengan resentralisasi kekuasaan di sejumlah kecil tangan di Jakarta, yang mendominasi negara selama bertahun-tahun di bawah kediktatoran Suharto. (Prabowo pernah menikah dengan putri Suharto tetapi mereka telah bercerai.)

READ  Top 30 der besten Bewertungen von Xperia Z5 Hülle Getestet und qualifiziert

Beberapa politisi papan atas yang berbasis di Jakarta berbagi gagasan bahwa politik telah menjadi terlalu terdesentralisasi dan demokratis secara luas, dan kekuasaan harus disentralisasikan kembali di ibu kota. Dengan Prabowo berkuasa, mungkin ada langkah dramatis untuk mengakhiri banyak pemilihan kepala daerah dan daerah. Pemilihan ini telah memberdayakan masyarakat Indonesia dan juga membantu membuat politisi lokal jauh lebih bertanggung jawab atas keuangan dan pemerintahan mereka secara keseluruhan.

Prabowo juga memiliki semua tanda peringatan dari tipe populis otoriter yang telah memenangkan pemilu dalam beberapa tahun terakhir di banyak bagian dunia, termasuk di Asia Tenggara (Rodrigo Duterte, Thaksin Shinawatra, sebagai permulaan.) Kampanye sebelumnya semuanya berkisar pada gagasan itu. bahwa dia sendiri yang dapat menyelesaikan masalah, dan menampilkannya sebagai sosok yang hampir seperti Tuhan; dia naik ke satu reli di atas kuda. Dia telah terkait erat dengan kelompok-kelompok yang terlibat dalam menjelekkan dan menyerang minoritas agama, taktik klasik populis otoriter, dan banyak dari kelompok-kelompok ini sangat mendukungnya dalam pemilihan sebelumnya. Dia menggunakan kampanye terakhir untuk menyebarkan desas-desus yang tidak berdasar bahwa Jokowi, seorang Muslim, diam-diam adalah minoritas agama dan etnis (seorang Kristen Tionghoa). Meski Jokowi memenangkan pemilihan, tuduhan tersebut memicu kerusuhan di Jakarta.

Prabowo, seperti yang telah saya kemukakan sebelumnya, juga diduga memiliki catatan hak yang buruk. Di negara di mana orang-orang kuat sudah menikmati impunitas yang sangat besar, kepresidenan Prabowo akan menjadi sinyal impunitas maksimum. Menurut Human Rights Watch, Prabowo diduga telah mengawasi pembantaian pada awal 1980-an terhadap sekitar tiga ratus orang di sebuah kota yang saat itu merupakan bagian dari Timor Timur, yang saat itu merupakan provinsi Indonesia. Dia juga diduga berperan dalam penumpasan brutal terhadap aktivis hak-hak pro-demokrasi di Jakarta dan bagian lain negara itu selama rezim Suharto, menurut Human Rights First dan banyak pengawas dan laporan lainnya. Karena alasan itu, Australia dan Amerika Serikat menolak visa Prabowo selama bertahun-tahun. Kenaikannya ke kantor puncak akan menjadi bencana.

READ  Hari Kemerdekaan Indonesia: Sejarah, Makna dan Perayaan

Lebih lanjut tentang:

Indonesia

Asia Tenggara

Masa Depan Demokrasi

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut