PM Australia yang baru, Presiden Indonesia mengendarai sepeda saat roda diplomatik berputar

PM Australia yang baru, Presiden Indonesia mengendarai sepeda saat roda diplomatik berputar

Joko Widodo mengatakan hubungan baik antara keduanya akan berkontribusi pada “perdamaian dan kemakmuran kawasan”.

Joko Widodo mengatakan hubungan baik antara keduanya akan berkontribusi pada “perdamaian dan kemakmuran kawasan”.

Perdana Menteri baru Australia Anthony Albanese dan Presiden Indonesia Joko Widodo mengendarai sepeda bambu bersama pada hari Senin ketika mereka mengadakan pembicaraan untuk meningkatkan hubungan, ketika Canberra memulai serangan pesona diplomatik yang bertujuan untuk melawan ketegasan China yang tumbuh di wilayah tersebut.

Anthony Albanese memuji hubungan dengan Indonesia dan berjanji untuk memperkuat mereka dalam perjalanan bilateral pertamanya sejak terpilih bulan lalu, menuju ekonomi terbesar di Asia Tenggara dalam apa yang telah menjadi tur tradisional bagi perdana menteri baru Australia.

Setelah guard of honour, Presiden Indonesia Joko Widodo menghadiahkan kepada Albanese sebuah sepeda di istana kepresidenan di Bogor — sebuah kota di selatan ibu kota Jakarta — di mana pasangan itu melepas jaket, mengenakan helm, dan berkendara di sekitar lapangan.

Hubungan Australia dengan Indonesia adalah salah satu yang paling penting kami. Kami terhubung tidak hanya oleh geografi, kami terhubung oleh pilihan,” kata Albanese dalam konferensi pers bersama yang diadakan setelah pembicaraan.

“Hubungan kami semakin diperdalam oleh kepentingan strategis dan ekonomi yang kami miliki bersama,” tambahnya, seraya mengatakan Indonesia berada di jalur untuk menjadi salah satu dari lima ekonomi terbesar di dunia.

Widodo mengatakan hubungan baik antara keduanya akan berkontribusi pada “perdamaian dan kemakmuran kawasan”.

Tentang bersepeda, Mr. Albanese kemudian men-tweet, “adalah suatu kehormatan untuk memiliki tur pribadi dan menyenangkan di lahan yang megah”.

Widodo tweeted sepeda itu “dirancang untuk digunakan di jalan raya” dan dibuat dari bambu oleh Singgih Susilo Kartono, seorang desainer Jawa Timur yang terkenal dengan kerajinan kayunya.

Albanese menegaskan dia akan menghadiri KTT G20, yang akan diselenggarakan Indonesia pada bulan November, meskipun ada keberatan dari pendahulunya Scott Morrison tentang duduk bersama Presiden Rusia Vladimir Putin setelah invasinya ke Ukraina.

“Saya katakan sebelum saya pergi ke Indonesia… bahwa Vladimir Putin menghadiri pertemuan sebelumnya di Australia yang diselenggarakan oleh (mantan PM) Tony Abbott,” katanya kepada wartawan.

“Itu tidak berarti kami setuju dengan sikapnya, memang kami menganggap perilaku Presiden Putin itu menjijikkan, ilegal,” tambahnya.

Pemimpin Partai Buruh membahas peluang memajukan perdagangan, perubahan iklim, dan keamanan regional dengan Jokowi, yang terakhir mengunjungi Australia pada awal 2020.

Dia juga menawarkan keahlian teknis Australia ke Indonesia untuk pemindahan ibu kota dari Jakarta ke lokasi baru, Nusantara Kalimantan — dijadwalkan pada tahun 2024 — dan mengatakan dia berharap untuk memajukan dana iklim dan infrastruktur sebesar Aus$200 juta ($144 juta) untuk negara tersebut.

Indonesia menyukai posisi non-blok dalam persaingan Pasifik antara Beijing dan kekuatan Barat.

Ini adalah salah satu dari beberapa negara Asia yang telah menyatakan keprihatinan tentang pakta keamanan AUKUS antara Australia, Inggris dan Amerika Serikat – yang secara luas dilihat sebagai upaya untuk melawan China.

Dalam perjalanan tiga hari Mr Albanese, ia didampingi oleh delegasi bisnis dan beberapa menteri kabinet termasuk Menteri Luar Negeri Penny Wong, yang bertemu dengan mitra Indonesia Retno Marsudi pada hari Minggu.

Wong kelahiran Malaysia sebelumnya telah meminta Canberra untuk lebih menekankan pada hubungan perdagangan miliaran dolar Australia dengan Jakarta — serta perdagangannya dengan Asia Tenggara secara keseluruhan.

“Memperdalam keterlibatan dengan Asia Tenggara adalah prioritas bagi pemerintah saya,” kata Albanese, mengumumkan utusan dan kantor baru untuk wilayah tersebut.

Setelah bertemu dengan Bapak Widodo, Bapak Albanese akan melakukan perjalanan ke Makassar Sulawesi Selatan, di mana Australia memiliki kehadiran diplomatik.

Albanese juga akan bertemu Lim Jock Hoi, sekretaris jenderal 10-anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara — saat Canberra berporos untuk fokus memperkuat aliansinya di kawasan.

Perhentian pertamanya setelah memasuki kantor adalah Jepang di mana ia melakukan perjalanan untuk berbicara dengan anggota Quad, aliansi yang dibuat dalam menghadapi dorongan China untuk mendominasi di seluruh wilayah.

READ  Program SheHacks memberikan peluang teknologi bagi wanita Indonesia

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut