Meteorit unik mengisyaratkan asteroid induk yang bersembunyi di tata surya kita

Meteorit unik mengisyaratkan asteroid induk yang bersembunyi di tata surya kita

Para peneliti telah melakukan studi pada meteorit misterius yang meledak di Sudan pada tahun 2008. Meteor itu diperkirakan oleh NASA memiliki berat sekitar sembilan ton dan diameternya hampir 13 kaki ketika terlihat sebelum tabrakan. Setelah meteorit memasuki atmosfer dan menabrak permukaan planet, para peneliti pergi ke gurun Sudan untuk mengumpulkan sisa-sisanya untuk dipelajari. Salah satu fragmen tersebut menunjukkan bahwa meteor tersebut kemungkinan besar lepas dari asteroid masif kira-kira seukuran planet kerdil Ceres.

Ceres adalah benda terbesar di sabuk asteroid. Meteorit itu dikenal sebagai Almahata Sitta (AhS) dan terbuat dari bahan yang dikenal sebagai kondrit berkarbon. Gambar di atas adalah bagian dari meteorit dengan warna semu. Susunan batuan luar angkasa memberikan petunjuk kepada para peneliti tentang asteroid induk yang melahirkan meteor tertentu.

Riasan asteroid dapat memberi tahu para ilmuwan bagaimana asteroid terbentuk. Dalam studi ini, tim menganalisis sampel AhS 50 miligram di bawah mikroskop dan menemukan bahwa ia memiliki susunan mineral yang unik. Mineral di asteroid ditemukan telah terbentuk pada suhu dan tekanan menengah, lebih tinggi dari yang Anda harapkan di asteroid biasa tetapi lebih rendah dari apa yang Anda temukan di dalam planet.

Salah satu mineral itu sangat membingungkan dan dikenal sebagai amphibole dan membutuhkan kontak yang terlalu lama dengan air untuk terbentuk. Mineral khusus itu hanya ditemukan sekali di meteorit lain. Kandungan amfibol yang tinggi menunjukkan bahwa fragmen yang dipelajari para peneliti terputus dari asteroid induk yang tidak pernah menyimpan meteorit di Bumi sebelumnya.

Banyak mineral yang lebih rapuh tidak dapat bertahan saat memasuki atmosfer bumi. Para peneliti dalam studi tersebut juga menyebutkan bahwa mereka berharap sampel asteroid yang dibeli kembali dari Ryugu oleh JAXA akan mengungkap mineral yang jarang muncul dalam meteorit di Bumi.

READ  Santa Clara County mencatat 512 kasus COVID-19 dalam satu hari, mengeluarkan 76 denda bisnis

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut