Mereka mengkonfirmasi keberadaan “kadal hidung …

Mereka mengkonfirmasi keberadaan “kadal hidung …

Ilmuwan Indonesia membenarkan penemuan tersebut “Kadal berhidung tanduk”, spesies reptil unik yang hanya satu spesimennya diketahui 130 tahun lalu. Hewan yang memiliki tanduk mencuat dari hidungnya sebagai ciri, Ini terakhir terlihat pada tahun 1891 dan namanya diberikan oleh D.Vinciguerra pada tahun 1933 untuk menghormati penemuan penjelajah Italia Elio ModiglianiNamun, belum ada spesimen serupa yang telah diidentifikasi. Kadal juga menempati tempat penting dalam cerita rakyat Batak, masyarakat adat asli daerah tersebut, meski keberadaannya tetap menjadi misteri bagi orang Indonesia.

Dalam penyelidikan di kawasan pegunungan Danau Toba di Sumatera Utara, ahli biologi dan aktivis Chairunas Adha Putra menemukan fosil kadal di kaldera gunung berapi super. Setelah ditemukan pada tahun 2018, Putra menggambarkan hewan tersebut sebagai “Kadal mati dengan sifat morfologi yang menarik”, meskipun dia menjelaskan bahwa dia tidak “yakin apa itu”. Sampel dikirim ke Jakarta untuk dianalisis lebih lanjut. Saat itu, ahli biologi Thasun Amarasinghe membenarkan kecurigaannya: Itu adalah iguana Modigliani. “Ini satu-satunya kadal berhidung tanduk yang ditemukan di seluruh Sumatera Utara,” kata ilmuwan tersebut.

Kadal ini juga memiliki tempat yang lebih besar dalam mitologi daerah tersebut. “Tapi setelah Modigliani tidak ada laporan tentang spesies ini,” kata Amarasinghe dari Universitas Indonesia di Depok.

Dengan pemikiran tersebut, Amarasinghe meminta Putra untuk memeriksa kembali ekosistem di sekitar gunung berapi untuk melihat apakah ia telah menemukan spesimen hidup dari “kadal berhidung tanduk”, menurut majalah tersebut. Berita sains
. Setelah lima hari mencari, suatu malam Putra menemukan apa yang dia cari, “tergeletak di cabang yang rendah, mungkin tertidur,” kata ahli biologi itu. Mengambil gambar kadal dan mengukur ukuran serta bentuk bagian tubuhnyaseperti panjang hidung dan kepala. Dia juga memperhatikan perilakunya sebelum akhirnya melepaskannya malam itu.

READ  Declan Rice mengatakan Inggris meletakkan penanda dengan kemenangan Belgia | Berita Sepak Bola

Dengan menggunakan data ini, Amarasinghe membandingkan kadal dengan yang dideskripsikan pada tahun 1933 dan menyimpulkan bahwa kadal hidup dan mati yang ditemukan Putra ternyata adalah kadal berhidung tanduk Modigliani.

Ciri-ciri hewan

Spesimen mati dari Museum Genoa yang ditemukan orang Italia berwarna biru muda karena konservasi, tetapi Sekarang diketahui bahwa warna alami kadal terutama hijau muda. Kamuflase dan habitat pohon mereka mirip dengan bunglon pegunungan Afrika. Amarasinghe, Putra dan rekannya menjelaskan dalam May Taprobanica: The Journal of Asian Biodiversity.

Ini adalah ilustrasi yang dibuat Modigliani pada tahun 1933 setelah penemuannya pada tahun 1891

Reptil ini termasuk dalam famili kadal Agamidae, umumnya dikenal sebagai kadal naga, dan termasuk spesies seperti naga berjanggut. Ada 30 spesies agamid yang belum pernah terlihat sejak pertama kali dideskripsikan, dan 19 spesies yang diketahui para ahli dari satu spesimen.

Meskipun senang dengan penemuan mereka, Amarasinghe dan Putra prihatin dengan masa depan cicak itu. “Naga hidup ditemukan di luar cagar alam dan terjadi penggundulan hutan besar-besaran di dekatnya.”Amarasinghe memperingatkan.

Menurut Shai Meiri, seorang ahli herpetologi di Universitas Tel Aviv, penemuan kembali ini menawarkan secercah harapan untuk konservasi kadal. Sebelum reptil itu muncul kembali, tidak ada yang tahu persis di mana kadal Modigliani hidup atau apakah sudah punah, katanya. Tapi Sekarang “kami dapat menyelidikinya, memahami kebutuhan konservasinya, dan mudah-mudahan menerapkan langkah-langkah konservasi.”

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut