Menteri Keuangan Rusia Hadiri Pertemuan G20 Secara Virtual, Indonesia Mengatakan

Menteri Keuangan Rusia Hadiri Pertemuan G20 Secara Virtual, Indonesia Mengatakan

Tuan rumah G20 Indonesia mengatakan pada hari Kamis Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov telah mengkonfirmasi dia berencana untuk menghadiri pertemuan hampir minggu depan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari Kelompok 20 ekonomi utama. Pejabat Kementerian Keuangan Indonesia Wempi Saputra juga mengatakan dalam pengarahan bahwa Jakarta sedang mempertimbangkan apakah akan mengundang Ukraina ke pertemuan, yang akan diadakan pada 20 April di Washington “untuk membahas dampak konflik di Ukraina terhadap kondisi ekonomi global”.

“Kami tidak memiliki kapasitas untuk tidak mengundang (anggota mana pun),” kata Wempi. “Sebagai presiden, Indonesia telah mengundang semua anggota, dan mulai hari ini ada yang sudah konfirmasi kehadiran fisik dan ada yang virtual.”

Masalah keanggotaan G20 Rusia telah memecah kelompok itu, dengan seruan keras dari negara-negara Barat agar kelompok itu dikeluarkan, tetapi dukungan untuk Moskow tetap dari anggota termasuk China.

Pekan lalu, Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan Rusia harus dikeluarkan dari G20, dan memperingatkan bahwa Amerika Serikat akan memboikot beberapa pertemuan G20 jika pejabat Rusia muncul.

Menteri Keuangan Jerman Christian Lindner menambahkan suaranya kepada Yellen dalam menolak segala bentuk kerjasama dengan Rusia di tingkat G20.

“Rusia saat ini bukan negara yang bisa berinteraksi seperti di masa lalu,” kata Lindner. “Kami berasumsi bahwa G20 akan berlangsung minggu depan dan kami akan mengirim pesan politik yang jelas.”

Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim pasukannya ke Ukraina pada 24 Februari untuk apa yang dia sebut “operasi militer khusus” untuk mendemiliterisasi negara itu. Ukraina dan Barat mengatakan Putin melancarkan perang agresi yang tidak beralasan.

Moskow mengatakan Putin bermaksud menghadiri KTT G20 di Bali pada November.

Indonesia, yang juga akan menjadi tuan rumah pertemuan keuangan G20 pada bulan Juli, mengatakan bahwa posisi Jakarta adalah netral dan bermaksud menggunakan kepemimpinan G20 untuk mencoba menyelesaikan masalah ekonomi global.

Baca semua berita terbaru , berita terkini lainnya Pembaruan langsung IPL 2022 di sini.

READ  Pepsi Filipina, Unilever dan Bayer Indonesia tampil sebagai pemenang di Hashtag Asia 2021

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut