Gempa berkekuatan 6,2 SR mengguncang pulau Sulawesi Indonesia

Gempa berkekuatan 6,2 SR mengguncang pulau Sulawesi Indonesia

Menurut badan perlindungan sipil setempat, sedikitnya 26 orang tewas di kota Mamuju.

Gempa bumi melanda pulau Sulawesi di Indonesia pada Jumat pagi, menewaskan sedikitnya 34 orang dan melukai lebih dari 600 lainnya. Kepala badan perlindungan sipil setempat Ali Rahman mengatakan kepada AFP bahwa “informasi terbaru yang kami miliki adalah bahwa 26 orang telah tewas di kota Mamuju.”

Delapan orang lainnya tewas di selatan kota, kata badan pengendalian bencana nasional. Banyak bangunan yang rusak. Dua rumah sakit dan gedung pemerintah provinsi runtuh, kata Muhammad Idris, sekretaris gubernur di televisi nasional. Sejumlah besar orang terjebak di bawah reruntuhan, kata para pejabat. Pusat gempa berkekuatan 6,2 SR berada enam kilometer (3,73 mil) timur laut kota Majene dan diukur pada kedalaman 18 kilometer. Ribuan orang meninggalkan rumah mereka akibat gempa. Mereka dievakuasi ke tempat penampungan darurat.

Bagaimana di Sulawesi?

Sedikitnya 60 rumah rusak. Sebuah pusat perbelanjaan juga terkena dampak, Sudirman Samual, seorang jurnalis yang berbasis di Mamuju di utara pusat gempa, mengatakan kepada Reuters. Badan pencarian dan penyelamatan negara itu sebelumnya mengatakan setidaknya satu hotel telah runtuh. Belakangan ternyata hotel itu sebagian runtuh.

Di rumah sakit di Mamuju, seorang penyelamat berkata, “Ada pasien dan staf rumah sakit yang terperangkap di bawah reruntuhan, dan kami berusaha menjangkau mereka sekarang.”

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan petugas penyelamat memeriksa dua saudara perempuan yang terperangkap di bawah puing-puing. Tidak jelas di mana mereka terjebak. Video juga menunjukkan penduduk setempat melompat ke tempat yang lebih tinggi dengan sepeda motor.

READ  Top 30 der besten Bewertungen von Bullet Journal Dotted Getestet und qualifiziert

Peringatan gempa susulan

Badan Perlindungan Sipil Indonesia mengatakan serangkaian gempa dalam 24 jam terakhir menyebabkan setidaknya tiga tanah longsor dan memutus aliran listrik. Beberapa jam sebelumnya pada hari Kamis, gempa berkekuatan 5,9 di distrik yang sama merusak beberapa rumah tetapi tidak menimbulkan kerugian yang nyata. Gempa susulan yang kuat bisa menyusul, kata Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Indonesia (BMKG) memperingatkan.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut