FLAVS 2022 merayakan hip hop, R&B, dan soul Indonesia – Hiburan

FLAVS 2022 merayakan hip hop, R&B, dan soul Indonesia – Hiburan

Felix Martua (The Jakarta Post)

Jakarta ●
Sen, 12 September 2022

2022-09-12
15:54

acb46bb3015c754a01ddf4e65a00f377
1
hiburan
FLAVS-2022,HipHop,musik rnb,Jiwa,musik,festival musik,festival
Gratis

Festival pertama di Indonesia yang menampilkan artis hip hop, R&B, dan soul mengambil alih kompleks olahraga ikonik Jakarta dengan edisi ketiganya.

Dengan lebih dari 50 musisi tampil di empat panggung berbeda di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, juga dikenal sebagai Istora Senayan, FLAVS Festival 2022 telah memenuhi aspirasinya untuk menjadi mitra festival musik pop dan rock dengan menempatkan hip hop, R&B dan musik soul dan artis setia mereka di depan dan di tengah.

Diselenggarakan akhir pekan lalu dari 10 hingga 11 September oleh VISICITA Network yang berbasis di Jakarta Selatan, edisi ketiga festival ini juga menampilkan pertunjukan nonmusik seperti tarian gaya bebas dan pertarungan grafiti, pameran sepeda dan skateboard gaya bebas, serta lokakarya musik.

Rapper Jakarta Ramengvrl, antusias dengan fokus festival pada musik hip hop.

“[Because] Hip hop adalah tentang merayakan individualitas seseorang. Ini tentang merayakan menjadi dirimu!” katanya pada malam terakhir festival, tepat sebelum naik ke panggung dan membuat penonton berdiri dengan nomor energinya yang tinggi, “I AM ME”.

surga hip hop

Artis hip hop dan rap sama-sama tampil di rumah selama festival dua hari itu. Kolektif hip hop Jakarta Dreamfilled menghangatkan suasana meskipun cuaca mendung dengan lagu-lagu yang meriah dari album full-length debut 2022, YOMBEX.

Di panggung lain, Kripikpeudeus memadukan gaya rock yang berapi-api dengan bait rap berduri dan penari gaya bebas bertopeng gorila untuk merayakan 25 tahun band ini di kancah hip hop.

Langsung dari Kupang, Nusa Tenggara Timur, rapper dan produser Januarta The Goat menggunakan FLAVS untuk memperkenalkan diskografinya kepada penonton Jakarta, termasuk lagu-lagu masa lalu seperti “Bad Loves Business” yang slow-burning. Bagi penyanyi rap berusia 18 tahun, bernama asli Januarta Raja Dira Tome dan dikenal dengan syair serak dan serak khasnya, kesempatan untuk menampilkan musiknya di ibu kota negara tidak boleh dilewatkan.

READ  Top 30 der besten Bewertungen von Calvin Klein Socken Getestet und qualifiziert

“Saya merasa sangat gembira,” katanya The Jakarta Post menit setelah penampilannya. “Mereka benar-benar menunjukkan cinta mereka, datang jauh-jauh ke sini untuk menemui saya.”

Dia juga memuji FLAVS karena menyediakan platform untuk semua artis hip hop dan rapper di seluruh negeri, terutama karena “ada banyak pemain, tetapi tidak cukup panggung”. Sebagai lapisan gula pada kue, Januarta The Goat dengan murah hati menggoda apa yang diharapkan dari albumnya yang akan datang, tindak lanjut dari EP 2021-nya. Cerita Selesai di Timur (Cerita berakhir di timur).

“Saya dapat meyakinkan Anda, itu akan sangat berbeda dari [current] Adegan hip hop Indonesia. Saya telah bereksperimen, ”katanya, tanpa membocorkan apa-apa lagi.

Tim rapper yang hanya satu malam adalah salah satu sorotan utama festival. Rap Rock United, supergrup yang beranggotakan St. Loco, 7 Kurcaci, Kripikpeudeus, Ragajimesin, MasterWu, Andy dari band rock /rif, Iwa K, John Doe, Laze, Yacko dan Eka Annash, membuktikan bahwa musik rock dan rap bisa dibilang musikal sepupu.

Supergrup lain yang dijuluki Symphony From Hell menyatukan beberapa rapper terkenal di negara itu saat ini, seperti Ramengvrl, Tuantigabelas, dan Mario Zwinkle. Di seberang kolam, rapper A. Nayaka bergabung dengan band hip hopnya Blue Room Boys saat mereka membawakan album debut band tersebut, 2021. UR Luar Biasa.

Lineup generasi berikutnya: Musisi R&B (dari kiri) duo RL KLAV, Moneva dan Gavendri memeriahkan malam di FLAVS Festival 2022, yang diadakan pada 10-11 September di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno di Jakarta. (JP/Felix Martua) (JP/Felix Martua)

Wanita malam

Dari kancah R&B, para artis wanita mengambil ayunan untuk pagar, menampilkan beberapa pertunjukan festival yang paling berkesan. Artis R&B generasi berikutnya Gavendri, Moneva, dan duo RL KLAV memamerkan kemampuan masing-masing sebelum berbagi panggung untuk membawakan lagu klasik Frankie Valli karya Lauryn Hill, “Can’t Take My Eyes Off You”.

READ  Indonesia mengatakan Krakatau Steel, POSCO Korea Selatan merencanakan investasi $3,5 miliar

Sementara itu, Marion Jola membuang persona popnya karena sengaja menerapkan aransemen musik R&B yang kental ke dalam lagu khasnya, seperti “Overthinking” dan “Tak Ingin Pisah Lagi” (Tidak Ingin Pisah Lagi).

Sorotan festival lainnya adalah ketika komposer-produser Nikita Dompas berdesir bersama Reza Artamevia, Imaniar, Sania, Shanty dan penyanyi-rapper Denada dalam produksi nostalgia R&B bop akhir 90-an dan 2000-an. Menandai penampilan panggung utama setelah lebih dari satu dekade, Shanty tampak meneteskan air mata saat ia menampilkan dance jams andalannya “Hanya Memuji” (Hanya pujian) dan “Oh Kasih” (Oh sayang) di tempat yang penuh dengan rumah.

“Hai Jakarta, aku kembali!” seru Shanty sambil berlinang air mata disambut tepuk tangan penonton.

Mewakili genre alternatif dan soul, Oslo Ibrahim memancarkan aura romantis dengan single terbarunya, “All My Friends Are Fallin’ in Love”. Dia juga memberikan apa yang bisa dibilang momen paling Instagrammable malam itu ketika dia menjilat senar gitar listriknya di depan kerumunan yang heboh.

Penyanyi-penulis lagu SIVIA membuat alasan untuk menjadi Ratu Jiwa masa depan negara itu, kehadirannya yang memerintah paling jelas pada “Butterfly” yang dipengaruhi Injil.

“Festival seperti ini menawarkan pilihan, bahwa musik Indonesia adalah [actually] sangat beragam. Itu pernyataan bahwa ada begitu banyak scene musik di Jakarta saja,” ujar pria berusia 25 tahun itu kepada pos.

“Saya akan [also] ingin mengeksplorasi lebih banyak, musik. Saya berencana untuk merilis album nomor dua tahun depan, jadi pantau terus!” dia menambahkan.

Terinspirasi: Penyanyi pop Tiara Andini memukau penonton setelah hujan lebat dan kesalahan teknis di FLAVS 2022, dan mengisyaratkan kemungkinan ekspansi ke genre lain.  (JP/Felix Martua)Terinspirasi: Penyanyi pop Tiara Andini memukau penonton setelah hujan lebat dan kesalahan teknis di FLAVS 2022, dan mengisyaratkan kemungkinan ekspansi ke genre lain. (JP/Felix Martua) (JP/Felix Martua)

READ  Anggota parlemen Indonesia mendukung penambahan modal sebesar $522 juta untuk maskapai Garuda

Penampilan pop masih ditampilkan di festival ini, dengan artis mainstream seperti Rizky Febian, Yura Yunita, Juicy Luciy, Raisa dan Tiara Andini tampil di panggung berbeda di FLAVS.

Set Tiara, khususnya, menghadapi rintangan yang signifikan dalam bentuk hujan deras, angin dan gangguan audio. Karena itu, penyanyi berusia 20 tahun itu mengatakan kepada pos setelah setnya dia tidak menyangka penonton masih akan berkumpul untuk penampilannya.

“Itu adalah badai yang cukup besar, tetapi mereka tetap bersama saya sampai lagu terakhir. Itu benar-benar membuat saya menangis,” kata Tiara.

Dia juga tidak menyangka kerumunan di festival hip hop, R&B, dan soul akan muncul untuk penyanyi pop.

“Ya Tuhan, itu sangat menyenangkan dan melegakan!” dia berkata. “Ternyata, penontonnya sangat banyak dan mereka juga ikut bernyanyi. Meskipun hujan mengganggu banyak hal, secara keseluruhan itu sangat menyenangkan.”

Mungkinkah partisipasinya dalam FLAVS menyiratkan bahwa dia berpikir untuk menjelajahi hip hop, R&B, atau soul di masa depan? “Anda akan melihat! Hip-hop, R&B dan soul, bahkan rap juga!” dia menjawab dengan seringai tahu.


We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM NIMMT AM ASSOCIATE-PROGRAMM VON AMAZON SERVICES LLC TEIL, EINEM PARTNER-WERBEPROGRAMM, DAS ENTWICKELT IST, UM DIE SITES MIT EINEM MITTEL ZU BIETEN WERBEGEBÜHREN IN UND IN VERBINDUNG MIT AMAZON.IT ZU VERDIENEN. AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND WARENZEICHEN VON AMAZON.IT, INC. ODER SEINE TOCHTERGESELLSCHAFTEN. ALS ASSOCIATE VON AMAZON VERDIENEN WIR PARTNERPROVISIONEN AUF BERECHTIGTE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS HELFEN, UNSERE WEBSITEGEBÜHREN ZU BEZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.IT UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut