Di Indonesia, orang-orang mengungsi karena takut akan letusan gunung berapi di pulau Jawa; JAM

Di Indonesia, orang-orang mengungsi karena takut akan letusan gunung berapi di pulau Jawa;  JAM

Pada hari Sabtu, gunung berapi tertinggi di Indonesia di pulau Jawa yang paling padat penduduknya memuntahkan kolom abu tebal ke langit, menyebabkan kepanikan di antara penduduk setempat. Serangkaian video di media sosial menunjukkan orang-orang meninggalkan rumah mereka dalam ketakutan dan mengantisipasi tragedi besar. Letusan Gunung Semeru yang tak terduga di Jawa Timur mengubur banyak pemukiman di sepanjang lerengnya dengan abu yang berjatuhan. Badai petir dan hujan mengiringi letusan, mendorong lava dan puing-puing yang membara ke permukaan dan membentuk lumpur tebal yang menyebabkan runtuhnya setidaknya satu jembatan yang menghubungkan dua desa utama Pronojiwo dan Candipuro. Itu juga menghambat evakuasi, kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq Pers terkait (AP) mengutip TVOne.

“Beberapa desa telah diselimuti kegelapan oleh tumpukan abu tebal,” kata Haq, seraya menambahkan bahwa ratusan penduduk telah dipindahkan ke tempat penampungan darurat atau daerah aman lainnya. Semeru setinggi 3.676 meter terakhir meletus pada Januari tanpa korban jiwa. Indonesia, sebuah pulau berpenduduk lebih dari 270 juta orang, rentan terhadap gempa bumi dan aktivitas vulkanik karena letaknya di Cincin Api Pasifik, rangkaian garis patahan berbentuk tapal kuda.

Lihat beberapa video di sini

Erupsi pada seismograf dengan amplitudo maksimum 25 mm. telah direkam

Pusat Penasihat Abu Vulkanik mengeluarkan peringatan setelah awan asap dan abu naik ke ketinggian yang diperkirakan 12.000 kaki dan tumpah ke rumah-rumah di bawahnya. Letusan itu terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 25mm dan durasi 5160 detik, menurut MAGMA Indonesia, layanan informasi yang melaporkan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami. Longsoran lava pijar terlihat mengalir 500-800 meter menuruni gunung berapi. MANDIRI melaporkan mengutip Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

READ  Gempa mematikan melanda Jawa Indonesia, tidak ada peringatan tsunami | berita gempa

Budi Santosa, Kepala Badan Perlindungan Sipil Daerah, mengatakan aktivitas Gunung Semeru meningkat dan awan panas turun. Menurutnya, abu yang berjatuhan terlihat di Lumajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Supiturang, dan Pronojiwo dan masyarakat diminta untuk meninggalkan daerah tersebut. Pada titik ini harus disebutkan bahwa Gunung adalah gunung tertinggi di pulau Jawa Indonesia dan salah satu dari 130 gunung berapi aktif di negara ini. Ini telah meletus setidaknya 55 kali sejak 1818, dengan 10 dari letusan tersebut mengakibatkan kematian.

(Dengan input AP)

Gambar: Twitter / @ TXT_News

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

SUARASUMUT.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Suara Sumut