Badan Keamanan Penerbangan Eropa akan mengizinkan Boeing 737 MAX untuk mengoperasikan • Hola News

Badan Keamanan Penerbangan Eropa akan mengizinkan Boeing 737 MAX untuk mengoperasikan • Hola News

EROPA BOEING

Berlin, 19 Januari (EFE) – Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA) minggu depan akan menyetujui penerbangan model 737 MAX dari pabrikan AS Boeing, yang ditangguhkan pada Maret 2019 setelah dua kecelakaan dengan banyak korban jiwa.

Direktur EASA Patrick Ky mengatakan kepada media Jerman bahwa perusahaan berharap untuk mempublikasikan pernyataannya tentang kesesuaian model setelah perubahan yang dilakukan oleh pabrikan.

Berbicara kepada Aviation Press Club, yang diterbitkan oleh media lokal Jerman, Ky menambahkan bahwa model Max 200 maskapai penerbangan bertarif rendah Ryanair juga akan menerima persetujuan.

Pengumuman persetujuan EASA berikutnya diketahui sehari setelah otoritas Kanada menyetujui dimulainya kembali penerbangan Boeing 737 MAX di wilayah udara negara itu mulai Rabu ini.

Penerbangan Boeing 737 MAX ditangguhkan di seluruh dunia pada Maret 2019 setelah dua pesawat Ethiopian Airlines (Ethiopia) dan Lion Air (Indonesia) jatuh pada akhir 2018, menewaskan 346 orang, termasuk 18 warga Kanada.

Boeing setuju untuk membayar $ 2,5 miliar kepada otoritas AS untuk menyelesaikan penyelidikan 737 MAX yang dituduh menyembunyikan informasi tentang cacat desain yang menyebabkan kedua kecelakaan itu.

Menurut penyelidikan, Boeing telah menyembunyikan informasi tentang sistem kontrol penerbangan model dan “menyesatkan” Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) untuk mencegah manual pilot dan materi pelatihan berisi data tentang pengoperasian perangkat.

Pada 18 November 2020, FAA menyetujui dimulainya kembali penerbangan 737 MAX menyusul perubahan oleh Boeing. Pada awal Januari, American Airlines menjadi maskapai penerbangan Amerika pertama yang mengembalikan model tersebut ke negara tersebut.