Beranda ›› Foto & Video ›› Warga Kotapinang Antusias Saksikan Gerhana Matahari Total

Warga Kotapinang Antusias Saksikan Gerhana Matahari Total

Kotapinang | suarasumut.com  –  Sejumlah warga kotapinang kabupaten Labuhanbatu Selatan berduyun duyun keluar rumah ingin menyaksikan, gerhana matahari total, Rabu (9/3) sekitar pukul 7.00 wib.

“Saat menyaksikan fenomena alam ini, saya sempat merinding, bayangkan saya menyaksikan matahari tertutup sebagian seperti sabit, suasana meredup seperti jelang malam. Allah maha besar,”ungkap Asriana (36), salah seorang warga Lingkungan Bedagai Kotapinang yang menyaksikan gerhana matahari total.

Suasana gerhana kian terasa dengan kumandang Takbir dan Tahmid yang dikumandangkan melalui pengeras suara dari Masjid-masjid yang ada di Kotapinang.

Selain Asriana , warga lainnya berbondong-bondong berkumpuluntuk menyaksikan fenomena alam itu. Sementara itu Shalat gerhana digelar di Masjid Jami Jalinsum Lingkungan Bedagai Kotapinang yang diikuti oleh jamaah yang khusus datang untuk menunaikan shalat itu.

Rata-rata mereka penasaran untuk menyaksikan fenomena alam langka itu. Terakhir gerhana matahari total terjadi pada tahun 1983.

“Saya tak tahu sebelumnya apa yang akan terjadi pada saat gerhana matahari sebagian di Labuhanbatu Selatan ini, ternyata matahari seperti sabit. Sayang saya tidak bisa menyaksikan gerhana total seperti di daerah Sumatera lainnya dan Kalimantan,”kata Timbul (33).

Seperti halnya Asriana, ia juga merasa merinding sambil tidak henti-hentinya memuji kebesaran Allah SWT. Selain itu ia juga merasa kagum dan salut dengan ilmu astronomi yang bisa menghitung secara pasti kejadian alam itu.

Di lain pihak, sejumlah warga juga sempat ragu-ragu untuk menyaksikan langsung gerhana matahari dengan mata telanjang. Sebagian menggunakan kacamata khusus, sedangkan sebagian ada pula yang menyiasatinya dengan menggunakan kacamata hitam.

“Mungkin yang bahaya itu bila gerhana matahari total ya, kalau sebagian kayaknya nggak apa-apa,” kata salah seorang warga menebak-nebak.(zr/ss-ls)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.