Beranda ›› Kabar Sumut ›› Dairi ›› Warga Huta Malau Dusun Partapaan, Parbuluan Dairi, Butuh Pembangunan Air Minum Dan Pengaspalan Jalan

Warga Huta Malau Dusun Partapaan, Parbuluan Dairi, Butuh Pembangunan Air Minum Dan Pengaspalan Jalan

Dairi, suarasumut.com – Anak sekolah dan ibu rumah tangga selalu kewalahan untuk melintasi jalan yang menghubungkan Huta Malau Dusun Partapaan ke Desa Sigalingging, Kecamatan Parbuluan, Dairi. Kewalahan tersebut lebih terasa saat hujan turun dan membasahi badan jalan menuju dusun itu yang belum pernah mendapat perkerasan.

Pelaksana tugas Kepala Desa Sigalingging Haposan Malau kepada awak media, Sabtu (11/10) menyebutkan, dusun tersebut sudah ada puluhan tahun lalu dan dihuni lebih kurang 165 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 500 jiwa. “Walau diresmikan atau diadatkan tahun 2013 yang lalu, tapi perkampungan itu sudah ada sejak tahun 1985 yang silam,” sebut Malau.

Ditambahkan Malau, dusun itu memiliki luas 200 ha dengan potensi pertanian palawija yang sangat baik karena cuacanya. Menurutnya, warga akan sangat rugi kalau pembangunan akses jalan menuju dusun itu belum dibangun.

“Dana PNPM yang baru kami terima telah dipergunakan untuk pembangunan parit. Karena kalau hujan turun, air mengalir dari badan jalan yang belum diaspal. Untuk itu, kami sangat membutuhkan pembangunan jalan sehingga memudahkan pendistribusian hasil pertanian ke pasar, serta para anak sekolah tidak terganggu dan ibu rumah tangga tidak kesulitan membeli sembako,” tambahnya.

Warga Partapaan juga mengaku sama dengan pernyataan Plt Kades. F Sihombing (52), P Malau (45), S Malau (42) dan Barus menyebutkan, selain potensi pertanian perkampungan mereka telah ada sebelumnya perusahaan perkebunan. “Kalau pembangunan jembatan boleh belakangan, saat ini kami sangat membutuhkan akses jalan. Karena kalau hujan turun, jalan itu susah dilalui. Kami juga membutuhkan pembangunan sarana air minum,” harap mereka.

Mantan Camat Parbuluan Monang Habeahan mengaku, bahwa usulan pembangunan jalan ke dusun tersebut telah disampaikan pada tahun 2013. Menurutnya, pembangunan akses jalan tersebut tinggal menunggu waktunya. “Sudah masuk dalam Musrenbang. Mudah-mudahan TA 2015 nanti pembangunannya sudah realisasi,” ujar Habeahan.

Kepala Bidang Bina Marga PU Bina Marga Dairi Ir Maruli Berasa kepada media diruang kerjanya mengaku akan melakukan survey ke dusun itu. Menurutnya, sepanjang usulan sudah ada pada Musrenbang, pihaknya akan memprioritaskannya. “Secepatnya tim akan turun untuk survey. Kalau sudah terdaftar pengajuaannya dalam Musrenbang, mudah-mudahan akan direalisasikan nantinya,” ujar Berasa.

Pantauan awak media di persimpangan Dusun Partapaan dengan Dusun Parluasan Desa Sigalingging, Kecamatan Parbuluan, Dairi jembatan menuju Partapaan juga sudah membutuhkan perbaikan. Walau paritnya terlihat baru dibangun, namun jalan menuju Partapaan membutuhkan pengaspalan.(vd/ss/dr)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.