Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Warga Buka Jalan Sentra Produksi Dengan Swadaya, Camat Sumbul Harapkan Seluruh Desa Dapat Melakukan Swadaya Berbagai Bentuk

Warga Buka Jalan Sentra Produksi Dengan Swadaya, Camat Sumbul Harapkan Seluruh Desa Dapat Melakukan Swadaya Berbagai Bentuk

Sumbul, suarasumut.com – Orientasi subtansi pembangunana berbasis swadaya merupakan sasaran pembangunan yang sangat baik dan perlu untuk ditingkatkan setiap desa. Karena pelaksanaannya dengan swadaya, maka bangunan dan pembangunan itu akan menjadi salah satu harta yang sangat bernilai tinggi untuk masyarakat itu sendiri.

Demikian disampaikan Camat Sumbul Monang Habeahan saat peresmian jalan yang dibuka warga Siboras, Kelurahan Pegagan Julu 1, Kecamatan Sumbul, Dairi, Rabu (22/10) di areal perladangan warga Siboras. Menurutnya, segala sesuatu yang bersifat membangun harus dilakukan dengan kerjasama dan gotong royong.

“Kalau kita mau berhasil, marilah bekerjasama dan gotong royong. Untuk lanjutan pembangunan jalan ini, Bupati Dairi sudah menjanjikan akan membuat perkerasan lebih kurang 1 Km tahun 2015 nanti. Selanjutnya, untuk tambahan bangunan lainnya akan kita upayakan nantinya. Demikian juga dengan pembuatan parit jalan ini, sekaligus saja dikerjakan dengan gotong royong,” ujar Habeahan.
Lurah Pegagan Julu 1, Rimson Simamora memuji kerja sama para warga Siboras. Simamora juga memberikan motivasi kepada puluhan warga, supaya dapat melakukan hal lain karena masih banyak pekerjaan yang harus dikerjakan oleh warga.

“Saya berharap, kerjasama kita tidak berhenti sampai disini. Masih banyak pekerjaan yang harus kita kerjakan dengan bentuk lain dengan kebersamaan seluruh warga. Demikian juga tatanan adat istiadat di Siboras, supaya tetap kita jaga. Inilah buah dari nama dusun kita ini. Siboras berarti berbuah,” ujar Simamora.

Para penatua Siboras, Pasaribu (75) dan lainnya menyampaikan terimakasihnya kepada Pemerintah melalui Lurah dan Camat. Menurutnya, apa yang dilakukan jajaran pemerintah adalah suatu harga yang tidak dapat mereka nilai.

“Baru kali ini kami melihat camat dan lurah berkomunikasi langsung dengan warga serta datang bersama-sama untuk melakukan pembangunan di dusun. Biarlah yang kita kerjakan hari ini akan membuahkan hasil baik dan menjadi penutan kepada para generasi penerus,” sebut Pasaribu.

Pantauan awak media di Siboras dengan swadaya warga mebuka jalan produksi lebih kurang 3 Km. jalan tersebut juga sudah mempermudah warga untuk penggunaan taman pekuburan umum milik warga. Selain itu, kalau nantinya sudah diaspal, jalan yang dibuka warga itu dapat dipergunakan menjadi jalan alternatif.

Para Kepala Desa se Kecamatan Sumbul yang turut serta dalam acara tersebut mengaku akan melakukan hal yang sama di desa mereka. Kepdes Dolok Tolong, H Pintu Batu menyampaikan apresisasi dan pujian kepada warga Siboras. “Kami salut melihat kerjasama dan pekerjaan yang sudah dilakukan warga Siboras. Kami akan menyebarkan berita ini dan melakukan kerja sama di desa kami masing-masing,” ujar Pintu Batu.(vd/ss/dr)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.