Beranda ›› Foto & Video ›› Warga Aek Tobang Labusel Blokir Truck Muatan Sirtu Galian C

Warga Aek Tobang Labusel Blokir Truck Muatan Sirtu Galian C

Labusel | suarasumut.com  –  Sekelompok Warga blokir jalan hadang truck pengangkut batu krikil berpasir (Sirtu) berasal dari Galian C milik H.Syawaluddin. Warga menduga galian C tersebut beroperasi ilegal tidak memiliki Izin Operasional Penjualan (IOP) Sirtunya dari Dinas Perijinan Propinsi Sumatera Utara. Sirtu tersebut diangkut truck dari tiga desa yakni Desa Hutagodang, Marsonja dan Desa Sampean kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Propinsi Sumatera Utara, penghadangan Truck tepatnya di jalan dusun Aek Tobang Desa Hutagodang, Jum,at (18/3).

Truck dihadang warga dengan meletakan bangku panjang ditengah jalan, mengakibatkan sekitar 30 truck pengangkut sirtu antri disepanjang jalan di Dusun Aek Tobang. Sempat terjadi negoisasi antara pengusaha Galian C dengan pihak warga namun tidak membuahkan hasil.

Guntur koorlap saat dikonfirmasi awak media mengatakan, warga Aek Tobang memblokir jalan untuk truck pengangkut Sirtu galian C yang melintas sudah merusak jalan. “Tidak ada perhatian pengusaha pada masyarakat atau tidak ada dampak positif pada kepentingan masyarakat, belum lagi akibat galian C mengakibatkan sungai keruh dan bantaran sungai menjadi rusak,”kata Guntur.

Lanjut Guntur dalam orasinya, warga sudah mengetahui ternyata izin operasi penjualan Galian C yang dimiliki H.Syawaluddin tidak ada, pihak pengusaha Galian C juga sudah mendatangi masyarakat yang berdemo meminta tolong agar truck pengangkut Sirtu bisa lewat. “Namun kami warga aek tobang tetap tidak mengijin kan truck tersebut lewat sampai ada kesepakatan antara pengusaha dan masyarakat,”ucapnya.

Sebelum warga membubarkan diri pihak kepolisian dari Polsek Sungai Kanan meminta agar warga bisa menahan diri dan berjanji kepada warga memberhentikan kegiatan Galian C di tiga desa, sampai adanya kesepakatan antara pengusaha dan pendemo yang beberapa hari ini dilaksanakan pertemuan di kantor Camat Sungai Kanan.(zr/ss-ls)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.