Beranda ›› Headline ›› Walikota, eKTP Berlaku Seumur Hidup

Walikota, eKTP Berlaku Seumur Hidup

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  e-KTP yang dimiliki setiap warga berlaku untuk seumur hidup, tidak ada batas waktu tertentu, untuk itu diharapkan agar disimpan dengan baik, jangan sampai rusak apa lagi hilang.

Demikian diingatkan Walikota H.Umar Zunaidi Hasibuan, saat melakukan program dialog interaktif antara Pemerintah Kota dengan masyarakat di Kelurahan Bandar Utama Kecamatan Tebingtinggi Kota, Jumat (11/3).

Diharapkannya tahun 2016 ini tidak ada lagi warga Tebingtinggi yang sudah berhak memiliki e-KTP tapi tidak memilikinya, karena untuk memperolehnya tidak perlu mengeluarkan biaya, lapor saja ke Kepala Lingkungan, nanti ada petugas capil yang datang jemput bola.

Dan tahun ini juga Pemerintah Pusat telah memberi kepercayaan kepada Kota Tebingtinggi salah satu Kota di Indonesia yang dijadikan pilot proyek untuk pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) usia 0 – 17, yang saat ini sedang diproses peraturan melalui Peraturan Walikota.

“Ini merupakan suatu reward dari Pemerintah Pusat yang memberi penghargaan kepada Kota Tebingtinggi atas pengelolaan Akta Kelahiran dan e-KTP,”jelasnya.

Bagian lainnya Walikota mengingatkan khususnya buat ibu-ibu rumah tangga agar memperhatikan kesehatan putra-putrinya, dengan memperhatikan asupan gizinya terutama yang berusia Balita, dan diperhatikan sejak mulai dalam kandungan hingga umur 2 tahun berikan minum ASI.

“Saat ini sedang berlangsung PIN Polio, ibu-ibu bawa anaknya yang belum pernah mendapat vaksin polio untuk diberikan vaksin ke Puskesmas, RSU atau tempat-tempat yang sudah disiapkan, jangan sampai tertinggal,”pintanya.

Disampaikannya selain masalah kesehatan, para orang tua juga memperhatikan masalah pendidikan anak, jangan sampai ada anak usia sekolah, tidak bersekolah dengan alasan tak ada biaya.

“Bantuan Anak Sekolah Pemerintah Kota telah menyiapkan dananya hingga wajib belajar 12 tahun, jika menemukan anak putus sekolah segera laporkan ke Lurah atau Kepala Lingkungan agar nanti diproses oleh Dinas Pendidikan,”ujar Walikota.

Pada bidang ekonomi, warga yang bergerak dibidang UKM, agar memanfaatkan KUR yang digulirkan oleh Pemerintah melalui BRI, manfaatkan KUR itu, bunganya kecil, jangan lagi memanfaatkan rentenir.

Pada kesempatan itu Walikota menyampaikan terima kasih kepada dr.Thomas Hendarta yang memberikan bantuan 100 karung kepada warga kurang mampu, kita memang memerlukan dermawan-dermawan seperti dr Thomas ini.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.