Beranda ›› Foto & Video ›› Walikota Buka Festival Jaran Kepang

Walikota Buka Festival Jaran Kepang

Tebingtinggi | suarasumut.com  – Walikota Tebingtinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan membuka secara resmi Festival Jaran Kepang yang diselenggarakan Disporabudpar bekerjasama dengan DPD.Pujakesuma Tebingtinggi, Jumat(11/3) dilapangan Merdeka Tebingtinggi.

Walikota menyebutkan, sangat memberikan apresiasi kepada penyelenggara festival ini, kesenian jaran kepang merupakan bagian dari budaya nasional yang isinya selalu membawa pesan, seperti halnya jaran kepang menggambarkan seorang satria yang rela berkorban.

“Budaya Jawa merupakan salah satu budaya nasional yang tinggi falsafatnya, penuh dengan ajaran-ajaran tentang menjalani kehidupan, beretika, punya jati diri, selalu berpegang teguh terhadap pendiriannya, mau mengakui kelebihan orang lain, dan kuda kepang merupakan bagian dari kesenian jawa,”ujarnya.

Disampaikannya, awalnya bisa dibayangkan dalam hati, festival ini, tidak hanya menggelar jaran kepang (kuda lumping) saja, akan ada kesenian lainnya, seperti ketoprak atau ludruk, kiranya baru jarang kepang, meski pun dilanjutkan dengan kesenian lainnya pagelaran wayang kulit dan campur sari.

“Saya berharap kepada DPD.Pujakesuma Tebingtinggi, kedepannya merencenakan sebuah festival budaya jawa yang lengkap dengan menggelar berbagai macam kesenian jawa, dan saya bercita-cita ingin mengundang Sri Sultan Hamengkubuwono untuk datang ke Tebingtinggi, dan ini bisa dilakukan jika kita bersama-sama mengerjakannya,”terang Walikota.

Diingatkan Walikota, budaya nasional harus dilestarikan dan pertahankan terus sepanjang masa, dan dapat dijadikan tameng sebagai penangkal budaya asing yang masuk ke Indonesia dan banyak tidak sesuai dengan kultur bangsa indonesia.

“Nilai suatu bangsa akan tinggi dan bermartabat, apabila bangsa itu sendri mau menghargai budayanya,”jelasnya.

Sebelumnya, Kapolres Tebingtinggi AKBP.Slamet Loesiono memberikan kata sambutan yang juga merupakan penasehat Pujakesuma. Menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tebingtinggi yang bekerjasama dengan DPD.Pujakesuma melaksanakan kegiatan.

Dan menyampaikan rasa salut kepada Walikota H.Umar Zunaidi Hasibuan yang begitu peduli terhadap pelesatrian budaya bangsa yang berasal dari berbagai macam etnis. Festival dihadiri Wakil Walikota H.Oki Doni Siregar, dan unsur FKPD Tebingtinggi dan Ketua DPD.Pujakesuma dr.H.Nanang Fitra Aulia,Sp.PK dan para pimpinan SKPD.

Dengan kelakar Kapolres menyatakan, siap menjadi penterjemah pada pagelaran wayang, Sabtu (12/3) di Anjungan Sri Mersing, dengan judul cerita “Semar Membangun Kayangan“, yang akan pas dan cocok dengan program Walikota sedang membangun Tebingtinggi.

Kadisporabupar H.Azhar Effendi Lubis melalporkan kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan DPD.Pujakesuma Tebingtinggi dan diikuti oleh 8 grup memperebutkan piala Walikota dan Kapolres Tebingtinggi.

Acara pagelaran berlangsung selama 2 hari (11-12/3) dan diisi dengan pelantikan pengurus DPC. Pujakesuma Kecamatan se Kota Tebingtinggi dan diakhiri dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk di Anjungan Sri Mersing.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.