Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Wali Kota Gunungsitoli Kunjungi Pedagang Di Pasar Luaha

Wali Kota Gunungsitoli Kunjungi Pedagang Di Pasar Luaha

Gunungsitoli, suarasumut.com — Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp bersama Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, Sekda Kota Gunungsitoli Drs.Edison Ziliwu, MM dan sejumlah kepala SKPD Kota Gunungsitoli mengunjungi para pedagang yang berjualan di komplek Pasar Luaha, Jalan Lagundri, Kota Gunungsitoli, Rabu (30/9).

Pedagang yang berjualan di komplek Pasar Luaha berharap perhatian lebih, dan meminta supaya bangunan yang ada di komplek Pasar Luaha di tata lebih baik oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Pada dialog singkat antara Wali Kota Gunungsitoli dengan pedagang Pasar Luaha, diketahui jika pedagang Pasar Luaha berharap Pemko Gunungsitoli ke depan memberikan perhatian lebih kepada mereka.

Pedagang Pasar Luaha meminta Pemko Gunungsitoli untuk menata dan membangun kios/los tempat mereka berjualan, sehingga para pedagang bisa mencari nafkah dan berjualan dengan baik. “Kami para pedagang di Pasar Luaha telah membentuk kelompok pedagang sejak tahun 2012 dengan nama kelompok “Sepakat”. Tidak banyak yang kami minta kepada WaliKota Gunungsitoli, kami hanya minta dibangun kios/los yang lebih baik, supaya kami dapat berjualan dengan nyaman, serta melayani pembeli dengan baik,” ujar Warni salah seorang pedagang Pasar Luaha kepada Wali Kota Gunungsitoli.

Warni yang mewakili para pedagang lainnya menegaskan, pedagang Pasar Luaha siap mendukung Drs.Martinus Lase, M.Sp untuk kembali duduk sebagai Wali Kota Gunungsitoli lima tahun. Namun, mereka meminta agar Wali Kota memperhatikan mereka dengan membangun kios/los untuk tempat berjualan.

Bangun Kios/Los Sementara

Menanggapi permintaan pedagang Pasar Luaha, Wali Kota Gunungsitoli Drs.Martinus Lase, M.Sp mengakui, keluhan para pedagang yang disampaikan hari ini, sudah disampaikan sebelumnya di kantor Wali Kota Gunungsitoli.

“Keluhan para pedagang sudah disampaikan kepada saya sebelumnya. Beberapa hari yang lalu, perwakilan pedagang Pasar Luaha juga telah datang ke kantor, dan menyampaikan hal yang sama. Apa yang diharapkan pedagang Pasar Luaha adalah harapan saya juga, supaya pedagang Pasar Luaha bisa berdagang dan melayani pembeli lebih nyaman,” tutur Martinus.

Wali Kota memberitahu, Pemko Gunungsitoli melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM telah merencanakan pembangunan kios/los sementara di belakang komplek Pasar Luaha, menunggu pembangunan pasar permanen diseberang Pasar Nou selesai dibangun.

“Untuk sementara waktu, para pedagang Pasar Luaha akan kita relokasi ke lokasi yang akan kita bangun kios/los sementara. Kita berharap kebersihan di lokasi yang baru dapat dijaga, dan tidak kembali berjualan di dekat jalan. Setelah pasar permanen di seberang Pasar Nou selesai kita bangun, para pedagang akan kita tempatkan disana,” terang Martinus.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa menerangkan, kedatangan Wali Kota Gunungsitoli merupakan tindak lanjut audensi pedagang ke kantor DPRD Kota Gunungsitoli beberapa waktu yang lalu.

“Setelah audensi pedagang, kita mengundang Pemko Gunungsitoli untuk rapat dengar pendapat. Hasil rapat dengar pendapat, Pemko Gunungsitoli membuat perencanaan pembangunan lokasi/tempat untuk merelokasi para pedagang Pasar Luaha,” beber Herman.

Tidak lupa, Herman Jaya mengingatkan para pedagang supaya tertib dan menyesuaikan diri di lokasi yang baru, dan meminta supaya para pedagang tidak melayani pungutan liar oknum oknum tertentu. “Jika telah ditempatkan di lokasi yang baru, saya meminta para pedagang untuk tidak melayani pungutan liar, dan hanya mau membayar apabila sudah sesuai peraturan. Jika ada yang melakukan pungli, laporkan kepada saya, biar DPRD menindaklanjutinya dan melaporkan ke pihak penegak hukum,” tegas Ketua DPRD Kota Gunungsitoli.(sw/ss/gs)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.