Beranda ›› Foto & Video ›› Wali Kota Gunungsitoli Harap Masyarakat Melestarikan Budaya

Wali Kota Gunungsitoli Harap Masyarakat Melestarikan Budaya

Gunungsitoli | suarasumut.com  —  Wali Kota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua meminta masyarakat Kota Gunungsitoli untuk melestarikan budaya.

Menurut Wali Kota, budaya sebagai warisan leluhur merupakan kekayaan budaya masyarakat nias dan dia berharap masyarakat dapat menampilkan budaya daerah masing masing pada pesta Ya’ahowu 24-26 November 2016.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua ketika melakukan kunjungan kerja di kantor camat Gunungsitoli Utara, yang terletak di Desa Afis, Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli, Kamis (3/11).

“Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada segenap masyarakat dan aparat Kecamatan Gunungsitoli Utara yang telah meluangkan waktu menghadiri kunjungan kerja saya di Kecamatan Gunungsitoli Utara ini. Saya imbau masyarakat tetap melestarikan budaya sebagai warisan dari leluhur Nias, dan menjadikannya sebagai kekayaan budaya masyarakat Nias, serta ditampilkan pada Pesta Ya’ahowu 24-26 November 2016,” ucap Wali Kota.

Tidak lupa, Wali Kota juga berpesan agar Camat, Aparat desa dan Tokoh Masyarakat setempat dapat bekerjasama, membangun, membantu dan turut memfasilitasi untuk mewujudkan program-program pemerintah demi memenuhi kebutuhan dan pelayanan kepada masyarakat.

Ditempat yang sama, dalam ekspost Camat Gunungsitoli Utara diketahui jika jumlah penduduk Kecamatan Gunungsitoli Utara sebanyak 17.238 jiwa. Gunungsitoli Utara terdiri dari 10 desa dan 39 dusun.

Camat memberitahu, program desa dan kecamatan selama ini terlaksana dengan baik, dimulai dari tugas pemerintahan, kemasyarakatan, pelayanan masyarakat, fasilitasi program nasional, keagamaan, sosial (bedah rumah), pertahanan. Menurut dia, semua itu berhasil berkat dukungan Pemerintah Kota Gunungsitoli dan seluruh elemen masyarakat.

Mengenai infrastruktur, sarana dan prasarana, Camat mengungkapkan ada beberapa jalan dan jembatan yang masih membutuhkan perhatian pemerintah. Pemanfaatan excavator dari Pemko Gunungsitoli telah digunakan dengan baik, dan sampai pada akhir September lalu pembukaan badan jalan di dua desa yang di Kecamatan Gunungsitoli Utara telah mencapai hampir 13 Km.

Namun, dia berharap perhatian dan dukungan pemerintah dalam hal pengerasan badan jalan dan pengaspalan untuk penyelesaiannya. Demikian juga dengan penyaluran dana desa, Camat mengatakan, penyaluran dana ADD dan DD di Kecamatan Gunungsitoli Utara mencapai 90 persen.

Dari segi pendidikan, menurut Camat, ada beberapa kendala yang dihadapi, diantaranya pengadaan peralatan grup Marching Band di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Sehingga mereka mengharapkan dukungan Pemerintah Kota Gunungsitoli guna meningkatkan motivasi dan kreativitas peserta didik di Kecamatan Gunungsitoli Utara.

Sedangkan dari Sekotr Kesehatan, menurut dia, kondisi Pos Pelayanan Kesehatan dibeberapa desa masih kekurangan tenaga kesehatan, dan beberapa sarana dan prasarana kesehatan yang masih terbatas.

Sesuai pantauan pelaksanaan kunker, selain memberikan imbauan, Wali Kota Gunungsitoli juga menyerahkan bantuan bibit palawija dan benih ikan kepada kelompok tani, kebun dan nelayan.(al/ss-gs)

Lihat Juga

Sholat Idul Adha 1440. H/2019, Lapangan SB3 Kotapinang, Dipadati Ribuan Umat Muslim

Labusel | suarasumut.com  –  Ribuan Ummat islam memadati lapangan SBBBK Kotapinang melaksanakan Sholat sunnah Idul …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.