Beranda ›› Foto & Video ›› Walau Dipenuhi Kabut Asap, Upacara Pembukaan TMMD Di Labusel Berjalan Lancar

Walau Dipenuhi Kabut Asap, Upacara Pembukaan TMMD Di Labusel Berjalan Lancar

Labusel, suarasumut.com  –  Upacara pembukaan Tentara Nasional Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke – 95 tahun 2015 berjalan lancar yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Kamper, Desa Perlabian, Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Kamis (8/10) berjalan lancar walau diwarnai kabut asap yang diikuti peserta upacara dari unsur Kodim 0209/ LB, Yonif 126 KC, Polri, PNS, OKP dan pelajar.

Sebelum upacara, para siswi Madrasah Aliyah Yayasan Pondok Pesantren Ridho Allah, Desa Perlabian menampilkan tarian persembahan.

Hadir dalam upacara pembukaan TMMD ke 95, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Arifien Syahrir, Pangdam I/BB diwakili Kolonel Inf.I Made Sukarya, Bupati LabuhanbatuSelatan H. Wildan Aswan Tanjung, SH, MM, yang diwakili Asisten Pemerintahan H.Zuhri,SE,M.Si , Sekda Labuhanbatu Ali Usman Harahap, SH, Ketua DPRD Labusel H. Edimin, Dandim 0209/LB Letkol. Inf. Berkim Sitompul, Kapolres Labuhanbatu AKBP Teguh Yuswardhie, SH, MH, Kajari Rantauprapat Hermon Dekristo, SH, MH, Ketua PN Rantauprapat Tumpal Sagala, SH dan mewakili Bupati Labuhanbatu Utara, , Pimpinan SKPD, Pimpinan perusahaan dan Ketua MUI H. Maratamin Harahap, Ketua FKUB H. Syukri Nasution dan Tokoh Masyarakat Labusel.

Bertindak sebagai Inspektur upacara, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Arifien Syahrir dan sebagai komandan upacara Kapten Inf. Yoga Pratama Danki B Damuli Yonif 126 KC serta Dansatgas TMMD adalah Kapten Inf. Sudarsono Pasiter Kodim 0209/LB.

Panglima TNI dalam pidatonya yang dibacakan Danlanud Soewondo Kolonel Pnb. Arifien Syahrir berpesan, tidak hanya menjadi mitra strategis Kemensos, TMMD juga bisa mengeratkan jalinan kesetiakawanan sekaligus memperkuat ketahanan sosial masyarakat dan bangsa. Ke depan, TMMD bisa berpartisipasi menjalin kerjasama lintas sektoral dan lembaga lainnya, seperti yang telah dilaksanakan yang erat kaitannya dengan Rutilahu.

“Kami sampaikan selamat dan sukses untuk berbagai program TMMD yang akan dilaksanakan secara resmi dimulai pada tanggal 8 hingga 28 Oktober 2015,” katanya.

Secara fisik TMMD ke-95 fokus merehabilitasi infrastruktur yang rusak karena tertimpa bencana alam dan meningkatkan sarana publik lainnya, seperti fasilitas umum dan sosial. Sedangkan non fisik, yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat berbangsa dan bernegara, bela negara, penegakan hukum, disiplin nasional, serta pengetahuan lain yang dibutuhkan di perdesaan, antara lain keluarga berencana, kesehatan, pertanian, peternakan dan perikanan.

Lebih lanjut, Panglima TNI mengingatkan kepada seluruh prajurit TNI untuk menjadikan TMMD ke 95 sebagai momentum mengingat kembali jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Nasional dan Profesional.

Panglima juga mengapresiasi tema TMMD Ke-95 yaitu, “dengan semangat kemanunggalan TNI, Polri, Kementrian/LPNK, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen bangsa lainnya, kita laksanakan percepatan pembangunan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pedesaan.”

Diakhir pidatonya, Panglima TNI mengatakan, bahwa sejak tahun 1980 TMMD telah dilaksanakan di seluruh wilayah NKRI yang dikenal dengan ABRI Masuk Desa (AMD), dengan Penanggung Jawab Operasional (PJO) Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD).

Diakhir acara diisi dengan penampilan Drum Band dari Siswa-siswi SMAN 1 Kampung Rakyat dan siswa-siswi MTsN Lohsari Kecamatan Kampung Rakyat.

Sementara, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Arifien Syahrir saat diwawancarai wartawan usai pelaksanaan upacara menjelaskan, bahwa pelaksanaan TMMD Ke 95 dilaksanakan selama 21 hari dari tanggal 8 s/d 28 Oktober 2015 yang melibatkan ratusan personil TNI dan juga masyarakat dengan menekankan pada pembangunan fisik dan non fisik di Kabupaten Labusel.

Untuk pembangunan fisik berupa pengerasan jalan sepanjang 1800 Meter sedangkan non fisik akan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang penyakit masyarakat (pekat) seperti bahaya memakai narkoba dan lain-lain.

Pada kesempatan itu juga, Kolonel Pnb Arifien Syahrir mengharapakan apa yang dilaksanakan ini adalah sebagai wujud rasa ke sosialan serta mengajak masyarakat untuk tetap menjaga dan merawat dan memepertahankan dari segala apa yang sudah dilaksanakan.

Akhir acara diisi dengan penampilan Drum Band dari Siswa-siswi SMAN 1 Kampung Rakyat dan siswa-siswi MTsN Lohsari Kecamatan Kampung Rakyat.(zr/ss/ls)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.