Beranda ›› Headline ›› Wakil Bupati Labura Hadiri Bulan Bhakti Manunggal TNI KB & Kesehatan

Wakil Bupati Labura Hadiri Bulan Bhakti Manunggal TNI KB & Kesehatan

Damuli, suarasumut.com – Wakil Bupati Labuhanbatu Utara, H. Minan Pasaribu, SH, MM, secara resmi membuka kegiatan Bulan Bhakti TNI Manunggal Keluarga Berencana dan Kesehatan (KB-Kes) tingkat Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2014. Acara digelar di Desa Damuli Kebun Kecamatan Kualuh Selatan, Selasa (14/10).

Dalam pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan, Wakil Bupati Labuhanbatu Utara mengatakan kegiatan ini bisa lebih mensosialisasikan kembali pentingnya program KB dan Kesehatan di tengah-tengah masyarakat.

Kegiatan bhakti sosial TNI–KB- Kesehatan yang kita laksanakan merupakan kegiatan rutin berskala nasional, yang dilaksanakan mulai dari tingkat Pusat sampai tingkat Kabupaten/Kota. Pada hari ini kita melaksanakan pencanangan bhakti sosial TNI-KB-Kesehatan untuk tingkat Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Acara pencanangan itu dipusatkan di lapangan bola Desa Damuli Kebun Kecamatan Kualuh Selatan ini dihadiri oleh Pimpinan SkPD Kabupaten Labuhanbatu Utara, Pengurus TP PKK Kabupaten Labuhanbatu Utara, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Labuhanbatu utara, Para Kepala Desa se Kecamatan Kualuh Selatan dan Masyarakat Kecamatan Kualuh Selatan.

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan sejak awal program KB digulirkan pemerintah pada tahun 1970, TNI telah mengambil peranan sangat besar untuk ikut mendukung pencapaian program KB dan pernah diakui didunia internasional. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang dilakukan oleh Kepala BKKBN Pusat dengan TNI dalam pelaksanaan program KB Nasional. Berdasarkan MoU BKKBN dengan TNI, anggota TNI dalam kesatuan Babinsa akan diperbantukan sebagai penyuluh program KKB. Tugasnya membantu petugas lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dalam mensosialisasikan program KB.

”Bagaimanapun juga, persoalan Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) merupakan isu yang sangat penting, karena ketahanan nasional yang tangguh tidak akan tercipta apabila derajat kesehatan rakyatnya tidak tumbuh dengan optimal. Di sisi lain, pemerintah ingin setiap anak mendapatkan hak-haknya, seperti tumbuh kembang dengan baik, tidak mengalami diskriminasi dalam segala hal, dan memperoleh pendidikan yang cukup sehingga kelak menjadi orang yang memiliki daya saing, sejahtera dan bermartabat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa isu kependudukan memiliki kaitan langsung dengan perspektif ketahanan nasional. Terlebih Indonesia saat ini tengah mengalami trend pertambahan usia produktif yang semakin meningkat, maka disaat itulah seharusnya Indonesia bisa menikmati bonus demografi sebagai bonus kesejahteraan,” jelas Wakil Bupati.

Untuk itu, perangkat pemerintah harus bisa memberdayakan penduduk berusia produktif agar bisa dapat memanfaatkan bonus demografi. Jika penduduk usia muda itu tidak produktif dan tidak memiliki keahlian maka mereka akan menjadi bencana dan beban bagi negara bahkan dikhawatirkan akan terjadi angka kriminalitas yang tinggi.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Anak Ibu Hj. Dra. Nur Saadah mengatakan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh jajaran Tentara Nasional Indonesia yang terjun langsung mewujudkan kepedulian terhadap masalah Keluarga Berencana dan Kependudukan.

Dukungan dari TNI amat berarti dalam membantu mempercepat pencapaian sasaran pembangunan Kependudukan Dan Keluarga Berencana (KKB), menuju pencapaian Millenium Development Goals (MDG’s) 2015. Sebab sebagaimana kita ketahui, Program KKB sangat terkait dengan keberhasilan program MDG’s. Oleh karena itu, kegiatan ini akan mengarah kepada pencapaian program 5B tentang penurunan angka kematian ibu melahirkan.

“Pada kesempatan ini saya sampaikan kepada seluruh jajaran SKPD yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Utara, mari bersama-sama saling mendukung penyelenggaraan program Pembangunan untuk mencapai Visi dan Misi yang telah ditetapkan. Sebagaimana sering kami sampaikan diberbagai kesempatan, Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam hal ini senantiasa berkomitmen untuk melaksanakan penyelenggaraan Program Keluarga Berencana. Kegiatan seperti ini harus kita dukung, karena kegiatan ini merupakan sarana sosialisasi kepada masyarakat agar program KB itu tetap hidup di tengah masyarakat sehubungan dengan hal itu, pada kesempatan ini saya menghimbau kepada semua pihak, marilah kita bersama-sama terlibat aktif menangani masalah kependudukan dan Keluarga Berencana,” tutur Nursaadah.(cc/ss/lu)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.