Beranda ›› Foto & Video ›› Wakil Bupati Buka Bulan Bhakti TNI KB-Kes & Pencanangan PKK KB-Kes Labusel 2014

Wakil Bupati Buka Bulan Bhakti TNI KB-Kes & Pencanangan PKK KB-Kes Labusel 2014

Kotapinang, suarasumut.com – Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs. H. Maslin Pulungan, MM membuka secara resmi pelaksanaan bulan bhakti sosial TNI KB Kesehatan dan Pencanangan PKK Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2014, Rabu (22/10) di Halaman RSUD Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Sementara H. Jabaluddin, S.Sos, Wakapolres Labuhanbatu Kompol Sony N. Tampubolon, SIK, Pabung Kodim 0209 LB Mayor. CAJ. Drs. Prinaldi, Pasiter Kapten. Inf. Samanhudi, DanSub Denpom Cikampak Kapten Jafaruddin, asisten dan Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Labuhanbatu Selatan.

Drs. H. Maslin Pulungan, MM dalam sambutannya menjelaskan bahwa pelaksanaan bulan bhakti sosial TNI KB-Kes dan PKK KB-Kes diharapkan dapat menggerakkan partisipasi dari semua pihak untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan penurunan pertumbuhan penduduk untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Pada kesempatan itu, Drs. H. Maslin Pulungan, MM menjelaskan pelaksanaan bulan bhakti sosial TNI KB-Kes yang dirangkaikan dengan pencanangan PKK KB-Kes merupakan momentum strategis dalam memberikan pelayanan KB dan Kesehatan kepada keluarga- keluarga yang ada di Labuhanbatu Selatan khususnya keluarga Pra Sejahtera dan Sejahtera 1 atau keluarga miskin.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Sementara Kabupaten Labuhanbatu Selatan H. Jabaluddin, S.Sos bahwa keberadaan dan peran serta seluruh elemen yang ada di kabupaten Labuhanbatu Selatan sangat penting dalam upaya aktif mencapai program KB. “Keseimbangan pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi juga sangat ditentukan oleh keberhasilan program KB,”ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0209 Labuhanbatu Letkol. Inf. Sapta Marwindu Ibrarly, S.IP menjelaskan bahwa masalah pertumbuhan penduduk yang sangat pesat merupakan permasalahan yang paling sulit dihadapi pemerintah sekian tahun kedepan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah bersama TNI, Swasta dan masyarakat yang dilaksanakan secara terkoordinir oleh BKKBN bersama-sama mencanangkan Revitalisasi Program KB Nasional melalui program TNI KB-Kes dan PKK KB-Kes.

Program KB Kes terpadu tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat melalui pelayanan KB dan kesehatan terutama pelayanan kepada masyarakat kurang mampu (Keluarga Pra Sejahtera).

Letkol. Inf. Sapta Mawindu Ibrarly, S.IP berharap agar program KB-Kes dapat terlaksana secara sistematis, sinergis dan dapat terus dipertahankan serta ditindaklanjuti dan dikembangkan sebagai bentuk partisipasi dalam upaya membangun masyarakat yang sehat, bahagia dan sejahtera.

Pasiter Kodim 0209 Labuhanbatu, Kapten. Inf. Samanhudi selaku Pelaksana Harian TNI KB-Kes dalam laporannya menjelaskan bahwa sasaran pelaksanaan Program TNI Kb-Kes dimaksudkan untuk memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat terutama keluarga prasejahtera dan keluarga sejahtera I, sesuai dengan target pelayanan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat setempat dengan mengoptimalkan instalasi saranan pelayanan kesehatan yang dimiliki oleh pemerintah daerah, TNI dan pihak swasta. Adapun jenis kegiatan yang dilaksanakan adalah advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi serta penyuluhan.

Pelaksanaan Bulan Bhakti Sosial TNI KB- Kes dan Pencanangan PKK KB-Kes Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2014 ditandai dengan pemberian pelayanan dan pemasangan alat kontrasepsi gratis kepada lebih kurang 147 orang dengan rincian MOW sebanyak 80 orang, MOP sebanyak 49 orang dan KB implan sebanyak 18 orang.(zr/ss/ls )

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.