Beranda ›› Headline ›› Wagub Jambi Buka Seminar Dan Workshop E-Goverment Se-Sumatera

Wagub Jambi Buka Seminar Dan Workshop E-Goverment Se-Sumatera

Jambi, suarasumut.com – Kerjasama antar lembaga, Kementerian Kominfo, Kemendagri, Kementerian PPN / Bappenas dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dalam mensosialisasikan reformasi E-Goverment dibuka oleh Wakil Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Kamis(23/04) secara resmi di Hotel Abadi ACC.

Dalam acara seminar Wakil Gubernur didampingi Dirjen Aptika Kemkominfo, Ir. Bambang Heru Tjahyono, Kasubdit Teknologi dan Infrastruktur, Bambang Dwi Anggono, Asdep Perumusan kebijakan Koordinasi pelaksanaan E-Goverment, Drs.Rahmat Fahjri serta Direktur INIXINDO, Andi Yuniantoro.

Dikatakan oleh Fachrori Umar, dalam seminar dan workshop yang diselenggarakan oleh INIXINDO, yang tentunya sangat memberi manfaat bagi pemahaman terhadap koordinasi antar kementerian pusat dalam mengusung reformasi E-Goverment Indonesia. “Dalam rangka mewujudkan peningkatan sumber daya manusia guna mendukung pengembangan pelayanan informasi guna meningkatkan E-Goverment,”terangnya.

Dalam pengembangan reformasi e-goverment bisa membuat para pejabat struktural dan fungsional dalam bidang tata kelola teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di lingkungan pemerintah pusat dan daerah.

Untuk meningkatkan perkembangan teknologi komunikasi dan informatika yang pesat saat ini telah menimbulkan perubahan-perubahan yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat. “Ditingkat global, perkembangan teknologi komunikasi dan informatika telah mendorong peluasan jaringan akses informasi dan komunikasi dunia,”jelasnya.

Ditambahkannya lagi, perkembangan tersebut juga telah mendorong daerah di Indonesia khususnya Provinsi Jambi untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informatika menuju terwujudnya masyarakat informasi atau berbasis ilmu pengetahuan.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan seminar dan workshop berdasarkan Inpres RI No. 3 Tahun 2003 mengenai kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-goverment, dan surat direktur INIXINDO Yogyakarta untuk permohonan kerjasama.

“Dalam seminar dan workshop se-Sumatera untuk mensinergikan implementasikan e-goverment Indonesia dengan mengkoordinasikan 4 (empat) Kementerian”terangnya.

Kementerian yang dikaitkan dalam seminar dan workshop e-government ini antaranya, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kominfo, Kementerian PAN dan Kementerian reformasi birokrasi dan Bappenas RI.

“Untuk hasil dari seminar ini diharapkan dari penyelenggaraan se-Sumatera, adanya komitmen dari penyelenggara negara khususnya yang berkaitan dengan upaya menciptakan dan membangun regulasi E-goverment Indonesia yang lebih baik,”paparnya.

Peserta yang hadir mengikuti seminar dan workshop e-goverment Indonesia Se-Sumatera ada 10 Provinsi dan 138 Kabupaten kota dan 2 dari luar Sumatera, Jawa Tengah dan Kalimantan selatan.

Direktur INIXINDO Yogyakarta, Andi Yuniantoro, menjelaskan. Kegiatan seminar ini dilatar belakangi oleh masih adanya hambatan dalam pelaksanaan implementasi e-goverment dilingkungan pemerintah, yang seharusnya mendapatkan serta memberikan banyak manfaat.

“Sehingga hasil dari seminar dan workshop ini adanya komitmen dari penyelenggara negara khususnya yang berkaitan dengan upaya menciptakan regulasi e-goverment,”imbuhnya.

Kegiatan ini diikuti se-Sumatera dihadiri 10 Provinsi dan 138 kabupaten kota serta di ikuti juga dari luar sumatera, Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan.(ik/ss/jb)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.