Beranda ›› Headline ›› Verifikasi Administrasi Calon Perseorangan Banyak Ditemukan Dukungan Ganda

Verifikasi Administrasi Calon Perseorangan Banyak Ditemukan Dukungan Ganda

Aekkanopan, suarasumut.com – Komisi Pemilihan Umum Labuhanbatu Utara (KPU Labura) sudah menyelesaikan verifikasi administrasi dukungan untuk calon perseorangan untuk menjadi bupati/wakil bupati. Hasilnya ditemukan banyak dukungan ganda baik intern calon maupun antara calon.

Komisioner yang membidangi Divisi Teknis Maruli Sitorus kepada media di kantornya, Selasa (30/6) menyebutkan pihaknya saat ini tengah melakukan verifikasi faktual. “Dari verifikasi administrasi pasangan Ramlan-Yusli memperoleh 13.433 dukungan. Sedangkan Aliwansyah-Darwansyah mendapat 33.969 dukungan,” katanya.

Saat menyampaikan dukungan ke KPU pada 18 Juni lalu, pasangan Ir H Ramlan Aluan Tambunan Msi-Yusli Panggabean menyebutkan mereka membawa 35.616 dukungan. Sedangkan Aliwansyah-Darwansyah menyatakan membawa 39.081 dukungan.

“Tapi setelah kita teliti, pasangan Ramlan-Yusli terdapat banyak dukungan ganda hingga mencapai 22.183 dukungan. Jadi dukungan yang terverifikasi untuk pasangan ini hanya 13.433 dukungan,”katanya. Sementara untuk pasangan Aliwansyah-Darwansyah setelah diteliti, dari jumlah dukungan yang dibawa yang terverifikasi sebanyak 33.969 dukungan.

Hasil verifikasi dukungan juga menemukan adanya dukungan ganda untuk kedua calon sebanyak 1.180 dukungan. “Ada juga ditemukan dukungan untuk kedua pasangan calon dari orang yang sama jumlahnya 1.180,” bebernya.

Lebih lanjut dikatakannya, kendati verifikasi administrasi sudah dilakukan dan ditemukan jumlah dukungan untuk masing-masing pasangan balon bupati/wakil bupati, KPU masih harus melakukan verifikasi faktual. “Kita akan melanjutkan dengan verifikasi faktual ke lapangan untuk mengecek apakah dukungan yang ada itu benar,” jelasnya.

Dari hasil verifikasi faktual itulah nanti akan diketahui berapa sebenarnya dukungan yang dimiliki kedua pasang bakal calon bupati itu. “Jadi jika ada kekurangan jumlah dukungan, pasangan calon harus memenuhinya hingga waktu yang ditentukan,” jelasnya.

Tapi, lanjutnya, untuk satu kekurangan, pasangan calon harus mengirimkan dua dukungan atau bertambah 100 persen. “Misalkan ada kekurangan 1.000 dukungan, maka pasangan calon harus menambah 2.000 dukungan lagi,” pungkasnya. (rl/ss/lu)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.