Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› UMK Padanglawas Akan Naik Di Tahun 2019

UMK Padanglawas Akan Naik Di Tahun 2019

Palas | suarasumut.com  –  Upah Minimum Kabupaten (UMK) Padang Lawas (Palas) akan naik di tahun 2019. Ini berdasarkan Rapat Dewan Pengupahan Daerah yang dilaksanakan di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palas, Selasa (13/11/2018).

Hasil rapat Dewan Pengupahan Daerah Palas diputuskan UMK Palas Tahun sebesar Rp.2.521.268,-. Yang mana UMK Palas untuk Tahun 2018 sebesar Rp.2.333.860,-. Terjadi kenaikan sebesar Rp.187.408,-atau 8,03 persen.

Acara rapat penetapan UMK Palas untuk Tahun 2019 tersebut, dibuka secara resmi oleh Plt Asisten II Setda Palas Panguhum Nasution. Dalam sambutannya, membacakan Pidato Bupati Padang Lawas menyampaikan bahwa Dewan Pengupahan Daerah adalah lembaga non struktural yang bersifat tripartit, dibentuk dan anggotanya diangkat Bupati, bertugas memberikan saran dan pertimbangan kepada Bupati dalam rangka pengusulan UMK, dan penerapan sistem pengupahan dalam mewujudkan kesejahteraan pekerja dan keluarga.

Kemudian, Dewan Pengupahan Daerah dalam menetapkan UMK Palas memperhatikan berbagai faktor, antaralain; nilai inflasi nasional, pertumbuhan domestik bruto nasional, produksi makro, pertumbuhan ekonomi, kondisi pasar dan keadaan usaha. Juga memperhatikan Upah Minimun Propinsi (UMP) Sumatera Utara yang telah ditetapkan sebesar Rp.2.303.403,43,-/bulan.

Diakhir pidatonya, Panguhum Nasution menekankan agar UMK Palas yang ditetapkan lebih besar dari UMP, ini sesuai dengan kondisi Kabupaten Palas.

Juga katanya, diharapkan kepada pengusaha agar dapat menyesuaikan upah karyawan atau buruh yang layak, dan tidak menekan serendah-rendahnya. Kemudian kepada serikat pekerja agar tidak menuntut UMK yang terlalu tinggi.

Dalam kesempatannya, Kepala Disnaker Palas Drs. Ramal Guspati Pasaribu, MSi juga mengharapkan kepada pengusaha agar UMK yang telah dirapatkan oleh Dewan Pengupahan Daerah Palas untuk dipedomani, dan dijalankan oleh seluruh perusahaan yang berlaku di Tahun 2019.

Kabid Hubungan Industri Disnaker Palas, Al-Kindi Kudadiri melalui Kasi Pengupahan dan Bansos, Muhammad Idris Mandefa mengatakan bahwa hasil dari rapat penetapan UMK untuk 2019 adalah rekomendasi untuk mendapat pengesahan untuk dari Propinsi.

“Bahwa rekomendasi UMK Tahun 2019 biasanya tidak berbeda setelah ditetapkan. Nilainya tetap dan tidak berubah,” pungkas Mandefa.

Dalam acara tersebut dihadiri, unsur Bappeda Palas, unsur Disperindag Palas, unsur BPS, unsur Gapensi Palas, unsur Perguruan Tinggi dari STIBR, unsur SPSI, dan unsur FSPMI Palas, dan undangan lainnya. (sl/ss-pl)

Lihat Juga

KPU Palas Melakukan Penyempurnaan DPTHP Kedua

Palas | suarasumut.com  –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) melakukan penyempurnaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.