Beranda ›› Foto & Video ›› Umar Zunaidi : Lurah Dan Camat Diharapkan Dukung Program Jambanisasi

Umar Zunaidi : Lurah Dan Camat Diharapkan Dukung Program Jambanisasi

Tebingtinggi | suarasumut.com – Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) melaksanakan kegiatan dialog interaktif dan peresmian Kantor Lurah Lalang di Jalan Bukit Bundar, Kecamatan Rambutan, Jumat (13/5/2016).

Umar Zunaidi Hasibuan meminta kepada masyarakat untuk menggalakan urban parming sistem pertanian perkotaan, untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Selain meresmikan Kantor Lurah Lalang, Umar Zunaidi juga meninjau pembangunan jambanisasi gratis pada warga kurang mampu di setiap kelurahan, seperti di rumah milik Subari (46) di Kelurahan Lalang.

Pembangunan Jambanisasi dilaksanakan oleh Koramil 0204/Deli Serdang. Bukan itu saja, sesuai program pengentasan kemiskinan di Kelurahan Lalang dalam menaikan taraf hidup masyarakat, Umar Zunaidi menggalakan penanaman 1.000 pohon pepaya Taiwan PBB.

“Lurah dan Camat harus mendukung program jambanisasi, karena saat ini dunia internasional masih memandang Indonesia, jika masyarakatnya masih membuang kotoran manusia sembarangan. Dengan program jambanisasi, pola hidup masyarakat bisa sehat,”pinta Umar.

Umar kembali menjelaskan, bahwa masalah kependudukan sangat penting. Menurutnya, di Tebingtinggi, ada program Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk anak-anak atau Kartu Identitas Anak (KIA). Sementara bagi yang dewasa perlu akte kelahiran dan perlunya akte kematian. “Ini perlu untuk mengurus ansuransi dan keperluan lain, semuanya gratis ditanggung Pemko Tebingtinggi,”jelas Umar.

Lanjutnya, bagi warga Kota Tebingtinggi yang belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), jangan takut berobat ke rumah sakit.

Menurutnya, Pemko Tebingtinggi menyediakan dana talangan untuk pengobatan pada warga, dan cukup hanya dengan meminta surat keterangan dari kelurahan sudah bisa mendapatkan pengobatan gratis. “RSUD Kumpulan Pane Kota Tebingtinggi siap melayani masyarakat miskin yang belum memiliki kartu BPJS dan KIS,”tambah Umar.

Menurut Lurah Lalang, Hadi Supeno, penggalakan program tanam pepaya PBB, di mana hasil panen nantinya untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) masyarakat. Bank sampah, kampung organik dan kerajinan barang-barang bekas, Hadi berharap Walikota bisa membangunkan tempat penampungan hasil pertanian warga dan kerajinan tangan.

“Dengan adanya hasil pertanian warga, kita bisa mengangkat profil Kelurahan Lalang menuju kampung organik dengan hasil pertanian beraneka ragam,” jelasnya.

Dalam kegiatan dialog interaktif itu, Umar Zunaidi Hasibuan juga memberikan bantuan bibit pohon kelapa, bibit pepaya PBB, bibit ikan, akte kematian, akte lahir dan pengobatan gratis pada masyarakat. Ini termasuk bantuan alat-alat olahraga bola takraw dan tenis meja.

Subari penerima bantuan jamban gratis, mengaku terbantu dengan adanya program itu. Dia menuturkan, setidaknya pemerintah lebih banyak lagi memberikan bantuan yang menyentuh bagi masyarakat kurang mampu.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

Tingkatkan Produksi Minyak, Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

JAKARTA | suarasumut.com  –  Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.