Beranda ›› Foto & Video ›› Umar Zunaidi Hasibuan Ajak Umat Islam Segera Membayar Zakat

Umar Zunaidi Hasibuan Ajak Umat Islam Segera Membayar Zakat

Tebingtinggi | suarasumut.com – Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan mengajak semua umat muslim untuk menegakkan sholat yang dapat menjauhkan kita dari perbuatan keji dan mungkar dan mensegerakan membayar zakat fitrah di bulan suci Ramadhan.

Hal itu disampaikan Umar pada kegiatan Pentauliahan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) se Kota Tebingtinggi, Senin (28/5/2016) di Mesjid Raya Nur Addin, bersama dengan Wakil Wali Kota Oki Doni Siregar.

Disampaikan Wali Kota, Badan Kenaziran Mesjid (BKM) harus punya data jemaah yang selalu datang ke masjid dan harus mampu memberikan pengayoman kepada fakir miskin disekitarnya. “Pihak BKM masjid harus punya data, bukan orang luar yang mendata jemaah kita,” imbuh wali kota.

Dengan mengetahui secara pasti jumlah jemaah yang senantiasa selalu ada di masjid, Umar menuturkan, semakin jelas sejauh mana jangkauan masjid dan semakin gampang BKM mendata orang-orang yang layak memperoleh bantuan.

“Kepada amil zakat, sosialisasikan kepada masyarakat bahwa BKM menerima berbagai macam zakat. Karena zakat itu ada zakat fitrah berupa beras, ada zakat harta dan zakat uang juga zakat hasil pertanian, perhiasan dan zakat ternak,” jelasnya.

Umar juga berharap kepada amil zakat agar menyelesaikan pengumpilan zakat fitrah sampai tanggal 28 Ramadhan, dan sebelum malam lebaran harus selesai, serta sudah dibagikan agar dapat dimanfaatkan oleh penerima zakat. “Pembagiannya saya minta tolong janganlah dibeda-bedakan, yang paling utama dan terpenting masih beragama Islam, dan sejak hari ini harus sudah mulai aktif,”pesannya.

Dianjurkan juga oleh Umar, kepada segenap warga muslim di Kota Tebingtinggi selama bulan puasa untuk berbuka puasa di mesjid-mesjid bersama-sama dengan jemaah, bawalah santapan buka puasa dari rumah, dan mari sama-sama kita berbuka puasa di mesjid-mesjid. “Selama bulan puasa janganlah mengkonsumsi makanan berlebihan, ada kebiasaan orang kita kalau bulan puasa selalu menyediakan makanan hingga berlebih-lebih dengan macam-macam makanan berbuka,”ajaknya.

Menurut salah seorang BKM Al Anshor di Kelurahan Lalang, Shobirin, kegiatan pentauliahan unit pengumpul zakat (UPZ) yang dilakukan sebelum bulan suci Ramadhan sangat berguna bagi mereka. Sebab dengan kegiatan tersebut sejak jauh hari mereka sudah bisa mensosialisasikan kepada umat Islam agar membayarkan zakat fitrahnya sebelum akhir bulan suci Ramadhan.

“Biasanyakan umat Islam membayar zakat fitrah dan fidyah disaat malam takbiran, kalau dari sekarang kita anjurkan membayarnya lebih cepat, zakatnya kan bisa digunakan penerima zakat untuk lebaran,”kata Shobirin.

Pada acara pentauliyahan tersebut diserahkan surat keputusan masing-masing pengumpul amil zakat dari Masjid dan Musholla se Kota Tebingtinggi.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

Tingkatkan Produksi Minyak, Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

JAKARTA | suarasumut.com  –  Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.