Beranda ›› Headline ›› Tugas Pj Bupati Mengajukan Ranperda Disoal

Tugas Pj Bupati Mengajukan Ranperda Disoal

Rantauprapat, suarasumut.com  –  Hingga saat ini, Pemkab Labuhanbatu belum mengetahui payung hukum tugas penjabat (Pj) Bupati Amran Uteh untuk mengajukan Rancangan Peraturan Daerah. Padahal, Amran Uteh bersama DPRD Labuhanbatu telah menyetujui Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD T.A 2014 pada 12 Oktober lalu dalam rapat paripurna.

Kepada suarasumut.com, Kamis (22/10), tokoh muda Labuhanbatu, Marulin Hasbi Hasibuan SH menyebutkan, Pj Bupati merupakan jabatan politik yang diangkat semata-mata atas kewenangan pemerintah pusat. Oleh sebab itu, dalam pelaksanaan tugas Pj Bupati hanya bertanggungjawab kepada Mendagri melalui Gubernur.

“Hingga saat ini, regulasi (aturan,red) pertanggungjawaban Pj Bupati masih mengacu pada PP/65/2005 sebagaimana telah diubah dengan PP/25/2007 dan PP/49/2008. Dalam regulasi itu, Pj Bupati hanya bertanggungjawab kepada Mendagri,” kata Marulin Hasbi

Hasibuan seraya menyebutkan, hal berbeda dengan pengangkatan bupati (defenitif) berdasarkan pemilihan langsung oleh rakyat dan ditetapkan oleh DPRD.

Untuk itu, lanjut Marulin Hasbi Hasibuan, kapasitas Pj Bupati Amran Uteh saat rapat paripurna Pembahasanan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD T.A 2014 dianggapnya sebagai kebijakan melampaui kewenangan.

Marulin Hasbi menyebutkan, jika pertanggungjawaban pelaksanaan tugas Pj Bupati hanya disampaikan kepada Mendagri, tentunya tanggungjawab Bupati periode 2010-2015 tidak dapat
dilakukannya.

“Bagaimana mungkin Pj Bupati, bapak Amran Uteh mempertanggungjawabkan APBD tahun 2014 yang digunakan oleh Bupati (defenitif) Tigor Panusunan Siregar. Sementara pelaksanaan tugas Pj Bupati itu hanya bertanggungjawab kepada Mendagri,” sebut Marulin Hasbi Hasibuan.

Lebih lanjut Merulin Hasibuan berharap Pj Bupati Labuhanbatu tidak menambahi kesalahan dalam menjalankan tugasnya terkait pengusulan Renpaerda Perubahan APBD T.A 2015 dan Ranperda APBD T.A 2016. Sebab, isu pengajuan Ranperda Perubahan APBD T.A telah bergulir dan tahapan Ranperda APBD T.A 2016 sudah tiba.

“Wacana yang bergulir saat ini, APBD T.A 2015 telah digadang-gadang untuk dilakukan perubahan dan sesuai tahapan pembentukan APBD T.A 2016, ini sudah jawdwalnya. Kalau tidak ada kapasitas Pj Bupati membentuk Perda, koordinasilah dengan Pemerintah Pusat terkait APBD Labuhanbatu T.A 2016,” harap Marulin Hasbi Hasibuan.

Kabag Humas, Sugeng dikonfirmasi via seluler mengaku kewenangan Pj Bupati dengan Bupati (defenitif) adalah sama. Namun demikian, Sugeng mengaku akan mencari dasar hukum Pj Bupati untuk mengajukan Ranperda kepada DPRD. “Tugas penjabat bupati sama dengan tugas bupati defenitif, tentu bisa mengajukan Ranperda. Pasti ada paying (dasar,red) hukumnya, nantilah saya carikan,” kata Sugeng setelah disebutkan Pj Bupati hanya bertanggungjawab kepada Mendagri melalui Gubernur, tidak kepada DPRD dan masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Aswad, dikonfirmasi mengaku Asisten I bagian pemerintahan yang mengetahui kapasatitas Pj Bupati Amran Uteh dalam paripurna pertanggungjawaban pelaksanaan APBD T.A 2014. “Kalau kapasitas penjabat bupati (Amran Uteh,red), Asiten Pemerintahan-lah ditanya, dia yang tau,” kata Aswad singkat beberapa waktu lalu di kantornya.

Anehnya, Assiten I, Sarbaini yang dikonfirmasi diruang kerjanya malah mendalihkan Sekda, Ali Usman selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang memiliki kapasitas untuk menjelaskannya. Namun, lanjutnya, jika Sekda memanggilnya untuk menjelaskan, dirinya mengaku siap untuk menjelaskan. “Bukan saya tidak bisa menjelaskannya. Tepatnya sama Sekda-lah tanya. Kalau saya dipanggil untuk menjelaskan, saya siap,” kata Sarbaini beberapa waktu lalu. (ls/ss/lb)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.