Beranda ›› Foto & Video ›› Terkait ADD, Ratusan Warga Demo Kantor Desa Sisumut

Terkait ADD, Ratusan Warga Demo Kantor Desa Sisumut

Kotapinang | suarasumut.com  –  Sekelompok warga dari berbagai Dusun datangi kantor Desa Sisumut, Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, terkait dugaan penyelewengan Anggara Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2015, Senin (21/3).

Dihalaman Kantor Desa Aksi demo sekelompok warga yang berjumlah ratusan orang dikoordinatori oleh Haidir Nasution itu meminta kepada Kepala Desa Sisumut Sugiono agar menjelaskan secara rinci penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2015.

Menurut Warga pendemo banyak kejanggalan atas penyaluran dan penggunaan ADD, Seperti halnya, harga kambing pada umumnya Rp1,5 juta untuk jantan dan betina Rp1,2 juta.

Namun harga pembelian 10 ekor kambing jantan dan 35 ekor kambing betina 35 sampai menelan angka sampai Rp100 juta.

Selain itu, masyarakat mengaku tidak mendapatkan hak sebagai warga miskin serta dalam penyaluran beras raskin mereka menilai tidak tepat dan dengan harga tidak wajar.

Selanjutnya, masyarakat Desa Sisumut juga tidak mendapatkan kesejahteraan dan tidak melihat ada pembangunan di desa maupun disetiap dusun. “Kemana anggaran dana desa disalurkan,” teriak massa.

Parahnya lagi, pengangkatan maupun penempatan aparatur desa disinyalir tidak sesuai dengan peraturan, seperti halnya aparatur desa harus berusia dibawah 42 tahun dan minimal tamat SMA.

“Tetapi mengapa masih ada aparatur si kantor desa ini yang kami sinyalir tidak tamat SMA dan sudah berusia diatas 42 tahun,”sebut massa lagi.

Sementara, Sekretaris Desa Sisumut Bustami Ali didampingi Ketua BPD Muliadi kepada massa menjelaskan bahwa pihaknya belum dapat menjelaskan semua apa yang diminta warga.

Pasalnya, Kepala Desa Sisumut Sugiono saat ini masih dalam keadaan sakit. “Karena kami tidak punya wewenang memberikan jawaban atas tuntutan dari masyarakat,”ujarnya.

Sementara, Kapolsekta Kotapinang Kompol Alfin Saragih menerangkan aksi tersebut berlangsung tertib dan pihaknya menurunkan puluhan personil dari berbagai satuan. (zr/ss-ls)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.