Beranda ›› Foto & Video ›› Tempat Wisata Pantai Ujung Sibolga Kurang Perhatian Pemko

Tempat Wisata Pantai Ujung Sibolga Kurang Perhatian Pemko

Sibolga, suarasumut.com – Salah satu tempat wisata yang berada di Kota Sibolga yang sering dikunjungi para pengunjung menjadi tinggal kenangan, karena terlihat pengunjung sudah tidak seperti dahulu lagi khususnya saat suasana hari libur lebaran idulfitri tahun sekarang, karena tempat wisata pantai ini kondisinya sudah hancur akibat kurangnya perhatian Pemerintah Kota Sibolga.

Seharusnya wisata pantai ujung ini menjadi daya tarik wisata yang dapat menambah PAD Kota Sibolga, tempat wisata pantai di Kota Sibolga tinggal hanya Pantai Ujung yang saat ini kondisinya hancur berantakan diterjang ombak, bongkahan beton berserakan disepanjang bibir pantai sehingga merusak suasana keindahan pantai.

Anehnya, Pemko Sibolga tidak mengoptimalkan keberadaan satu satunya wisata pantai yang ada di Sibolga untuk menambah Pendapatan Asli Daerah. Menurut salah seorang warga setempat, L.Manullang menuturkan bongkahan bongkahan beton tersebut berasal dari bangunan DAM penangkal hempasan ombak, dan Kastel yang sengaja dibangun dipantai ini untuk pemantau Tsunami, bangunan itu sudah lama hancur diterjang ombak sejak tahun 2010 lalu.

“Hingga saat ini Pemko Sibolga tak kunjung melakukan perbaikan, nampaknya Pemko Sibolga tidak serius mengembangkan Bidang Pariwisata untuk menambah PAD Sibolga, padahal kalau Pantai Ujung Sibolga ini dikelola dengan baik pengunjung pasti banyak datang dan dengan banyaknya pengunjung yang datang dapat menghidupkan perekonomian warga sekitar pantai,” ucap Manullang.

“Padahal anggaran untuk membangun pantai ini sangat besar, pada tahun 2006 yang lalu Pemko Sibolga mengucurkan dana kurang lebih Rp. 4 Milyar yang diplot pada anggaran ditiga Dinas yaitu Dinas Pariwisata, Dinas KPRP dan Dinas Tarukim Provinsi Sumut. Tapi sangat disayangkan pembangunanya tidak men ggunakan kontruksi bangunan yang seyogianya untuk kontruksi bangunan ditepi pantai. Dan rekanan yang dihunjuk Pemko Sibolga untuk membangun pantai ini tidak profesional, dilokasi pantai yg tanahnya sangat labil dan kontruksi bangunan di pantai tidak sama dgn kontruksi bangunan didarat, ditambah lagi dengan hempasan ombak makin memperparah kerusakan bangunan tersebut . Kalaulah memang Pemko Sibolga tidak mampu mengelola pantai ini dengan baik tidak ada salahnya Pemko Sibolga menyerahkannya ke pihak swasta agar pengelolanya lebih profesional dan pengunjung pun banyak datang baik dari lokal maupun luar daerah, percuma dana sebesar empat milyar raib di hempas gelombang ,” imbuhnya menambahkan.

Terlihat bangunan kios dan kamar mandi terlantar, informasinya kios dan kamar mandinya tidak berfungsi sejak selesai dibangun Pemko Sibolga. Pantai Ujung Sibolga ini dibangun pada tahun 2006 dan selesai pada tahun 2008 disaat Walikota dijabat oleh Sahat Panggabean dan terlihat tidak adanya kelanjutan untuk perbaikan dari pembangunan pantai tersebut.

Saat suarasumut.com coba untuk mempertanyakan hal ini ke Pemko Sibolga dalam hal ini Dinas Pariwisata belum berhasil untuk dihubungi.(mb/ss/sb)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.