Beranda ›› Headline ›› Tebingtinggi Raih Penghargaan Dari BPK

Tebingtinggi Raih Penghargaan Dari BPK

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Pemkot Tebingtinggi mendapat penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara sebagai Daerah Tertinggi ke III semester II tahun 2016 dalam Penyelesaian Kerugian Daerah dengan tingkat persentase sebesar 59,99 persen.

Terbaik pertama diraih Kabupaten Humbahas (77,20 %) dan terbaik kedua diraih Pemkab Langkat (60,32 %).

Demikian disampaikan Kabag Humas Pemko Tebingtinggi Bambang Sudaryono didampingi Kepala Inspektorat diwakili Sekretaris H Kamlan Mursyid kepada wartawan, Rabu (2/11) diruang kerjanya.

Dijelaskan bahwa penyelesaian kerugian daerah tersebut merupakan akumulasi dari beberapa tahun lalu. Sejak tahun 2005 hingga 2015, nilai kerugian daerah di Pemko Tebingtinggi yang sebelumnya senilai Rp 13,07 miliar telah berhasil diselesaikan sebesar Rp 9,031 miliar, dan hingga Desember 2015,

Jumlah nilai kerugian daerah hanya sebesar Rp 4,04 miliar. Nilai kerugian daerah tersebut bila dipersentasekan, 85 persen berasal dari sektor pekerjaan fisik yang tersebar di sejumlah SKPD sedangkan kerugian dari sektor non fisik lebih kurang 15 persen,”terangnya.

Diakui sejumlah kendala yang dihadapi pemerintah kota untuk menyelesaikan kerugian daerah berdasarkan hasil pemeriksaan BPK tersebut umumnya berasal dari hasil pekerjaan pihak ketiga (rekanan pelaksana pekerjaan fisik).

namun upaya untuk penyelesaian kerugian daerah tersebut tetap terus dilakukan Pemko Tebingtinggi melalui Badan Inspektorat dengan menggelar rapat pengawasan bersama seluruh SKPD terkait.

Memang untuk mencapai raihan angka tertinggi dalam penyelesaian kerugian daerah harus getol dilakukan, Walikota melalui Inspektorat menyurati seluruh SKPD selanjutnya menyurati rekanan-rekanan dan pihak ketiga.

bahkan surat teguran dilayangkan berkali-kali untuk menggedor supaya segera menyelesaikan kerugian daerah yang merupakan hasil pemeriksaan BPK tersebut,”tambahnya.

Menurut Bambang, setiap tahun Pemko Tebing Tinggi terus berupaya menyelesaikan dan memperkecil tingkat kerugian daerah, karena bila tidak dilakukan maka tingkat penyelesaian kerugian daerah akan terus bertambah karena nilai kerugiannya akan terus terakumulasi.

Dari kerugian ditahun-tahun sebelumnya. Dia juga menyampaikan rasa syukur atas predikat Penyelesaian Kerugian Daerah Tertinggi ke III se Wilayah Sumatera Utara yang diberikan oleh BPK RI. “Kita akan terus berupaya memperbaiki tata kelola keuangan. Kita berharap ke depan dapat meminimalisir penyimpangan-penyimpangan dalam pengelolaan keuangan,”katanya mengakhiri.( AG TT)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.