Beranda ›› Popular ›› Tapteng Lakukan Pilkades Serentak Pada Bulan September 2015

Tapteng Lakukan Pilkades Serentak Pada Bulan September 2015

Tapteng, suarasumut.com – Pemilihan kepala desa (Pilkades), Tahun 2015 Kabupaten Tapanuli Tengah akan direncanakan terlaksana serentak di beberapa desa maupun kecamatan. Diperkiran terlaksana di bulan September tahun 2015, hal tersebut diutarakan Kepala Bagian Umum Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Tapteng, Drs Antonius Simanjuntak di ruang kerjanya, Senin (20/4).

Antonius menuturkan, Pilkades nanti akan diperkirakan diikuti oleh 25 pilkades serentak, dimana nanti akan ditentukan masa jabatannya masing-masing. Juga masih banyak masa jabatan kepala desa yang ada ditiap kecamatan belum selesai. “Makanya kita perkirakan ada 25 pilkades di bulan September 2015 nanti akan kita laksanakan serentak ditiap kecamatan,”ucap Kabag Tapem.

Ia menambahkan, persiapan yang matang bagi setiap pilkades yang ingin maju dibulan September ini. “Persyaratannya masih tetap seperti yang terdahulu, namun keistimewaan undang-undang yang baru mengatakan bahwa kepala desa bisa mengemban jabatannya sampai tiga periode, jadi masih yang menjabat dua periode masih bisa kita beri kesempatan besar untuk maju sebagai calon kepala desa”terang Antonius.

Masih dikatakan Antonius, persyaratan yang mutlak bahwa setiap yang mencalonkan pilkades nanti, calon memang sangat jelas sudah terdaftar sebagai warga desa setempat. “Paling tidak satu tahun sebagai warga setempat, baru ia dapat memenuhi persyaratan bagi yang mencalonkan pilkades nanti,”jelasnya.

“Kalau untuk ijazah, pendaftaran yang ingin maju paling minimal harus terlampir lulusan SLTP/sederajat sesuai Undang-Undang yang ditentukan, dan ijazah harus memang benar diakui jangan aba-abal,”tegas Antonius dengan serius.

Adapun beberapa desa yang akan mengikuti Pilkades 2015, kebanyakan dari Desa Manduamas, Kecamatan Barus diperkirakan ada sekitar 20 desa, untuk Kecamatan Sibabangun masih diperkirakan saat ini di Desa Hutagurgur, dan Desa Toga Basir yang ada di Kecamatan Pinangsori.

Kembali lagi, kalau untuk tahapan kedepan akan dimulai setelah diterbitkannya pengumuman oleh Bupati. ”Bagi siapa yang berminat lagi memimpin desa sebagai kepala desa setempat ya, dari mulai sekaranglah incumbentnya di benahi, biarlah nanti warganya yang memilih dia, layak atau tidaknya dia yang dipilih sebagai pemimpin desanya,”sebut Kabag Tapem mengakhiri.(ph/ss/tt)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.