Beranda ›› Headline ›› Tan Sun Lie Tarik Kembali Ambulan Sumbangannya Ke PMI Labura

Tan Sun Lie Tarik Kembali Ambulan Sumbangannya Ke PMI Labura

Aek Kanopan, suarasumut.com – Mobil ambulan jenis minibus yang selama ini dipergunakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), ditarik kembali oleh Direktur CV.Jaya Mas, Tan Sun Lie.

Penarikan mobil ambulan ini dilakukan Tan Sun Lie ditengah berlangsungnya apel akbar kendaraan dinas aset Pemerintah Kabupaten Labura,Senin 8/10, di lapangan Polri Aekkanopan. Tak tanggung-tanggung, aksi penarikan mobil ini terlihat dilakukan Tan Sun Lie di hadapan Bupati Labuhanbatu Utara Kharuddin Syah,SE dan seluruh pejabat Pemkab Labura lainnya.

Tan Sun Lie beralasan, penarikan ambulan yang disumbangkannya pada tahun 2010 lalu ini semata hanya karena ia tidak pantas untuk memberikan sumbangan kepada Pemkab Labura yang menurutnya dapat menimbulkan penilaian buruk di tengah masyarakat. “Sengaja saya tarik kembali karena saya tak mau disebut melakukan gratifikasi. Lagi pula uang pemkab kan lebih banyak dari uang saya, jadi tak pantas rasanya saya menyumbangnya,” terang Tan Sun Lie.

Pantauan wartawan, usai menariknya, dengan bantuan salah seorang rekannya, ambulan itu kemudian dibawa ke kediamannya di Perumahan Tanjungsari Aekkanopan yang berada tidak jauh dari rumah dinas Bupati Labura.

Semula tidak terlihat respon dari pihak PMI atas peristiwa penarikan ambulan ini. Namun siang sekitar pukul 14.30 Wib, kediaman Tan Sun Lie yang juga menjabat sebagai bendahara PMI itu mendadak ramai oleh puluhan anggota Satpol PP dan Dinas Perhubungan yang berniat akan mengambil kembali mobil ambulan itu.

Sempat terjadi ketegangan antara Tan Sun Lie dengan orang-orang berseragam ini. Petugas Satpol PP dan Dishub ngotot untuk tetap membawa mobil itu kembali, namun Tan Sun Lie tetap bersikeras tak memberikannya. Sesuai keterangan Tan Sun Lie, Kepala Satpol PP mengatakan bahwa kedatangan mereka untuk mengambil ambulan itu adalah atas perintah Bupati.

Karena upaya mereka tak berhasil, akhirnya orang-orang berseragam itu pun mundur teratur dan meninggalkan kediaman Tan Sun Lie tanpa membawa mobil tersebut. “Itu mobil punya saya. STNK dan BPKB nya pun atas nama saya, jadi apa dasar mereka membawa mobil saya, enak kalilah dia,” celetuk Sun Lie usai kepergian orang-orang itu.

Sementara itu, menyikapi insiden ini, sore di hari yang sama, Pemkab Labura bekerjasama dengan pengurus PMI pun langsung menggelar konferensi pers di Aula Kantor Bupati Labura. Dalam konferensi pers itu, tampak hadir ketua PMI Labura, Drs Syofyan Yusma dan Kabag Humas M Iksan SSTP.

Dalam konferensi pers ini, M Iksan menjelaskan kronologi terjadinya insiden penarikan ambulan tersebut. Dikatakannya, ambulan itu diambil saat berlangsungnya apel kendaraan milik Pemkab Labura. Ia juga sangat menyayangkan atas adanya insiden ini. Menurutnya, hal ini benar-benar sudah sangat memalukan. Dalam kesempatan itu, ia juga memperlihatkan berita acara serah terima mobil tersebut dari Tan Sun Lie kepada Kharuddin Syah selaku Bupati Labura.

Dalam berita acara yang juga memaktubkan stempel pemerintah itu dijelaskan, Tan Sun Lie menyerahkan satu (1) unit mobil Suzuki APV kepada Bupati Labura yang kemudian menyerahkannya kembali kepada PMI Labura. Namun dalam berita acara itu tidak termaktub no plat polisi yang bisa menjelaskan identitas mobil tersebut.

Syofyan Yusma, Ketua PMI Labura, tampak tidak banyak berkomentar. Terlihat pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pertambangan dan Energi ini sangat menyesalkan tindakan yang dilakukan oleh Tan Sun Lie ini. Dengan suara yang terdengar sangat tertekan oleh perasaan sedih, Syofyan hanya berharap agar kiranya hati dan pikiran Direktur CV. Jaya Mas itu kembali terbuka dan mau mengembalikan ambulan itu, karena menurutnya sangat banyak masyarakat yang masih membutuhkannya.

Disinggung tentang tindakan PMI atas insiden ini, ia mengaku hanya bisa pasrah saja. “Kami hanya bisa pasrah dan menerima ini dengan ikhlas,” ujarnya, sembari mengatakan atas nama PMI Labura, ia akan melaporkan ini ke PMI Sumatera Utara.(rz/ss/lu)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.