Beranda ›› Kabar Sumut ›› Dairi ›› Ungkit Pemotongan BSM Rp 100 Ribu/ Siswa, Selain Ancam Wartawan Kepsek Berlindung Dibalik Ormas

Ungkit Pemotongan BSM Rp 100 Ribu/ Siswa, Selain Ancam Wartawan Kepsek Berlindung Dibalik Ormas

Dairi, suarasumut.com – Takut diungkit kasus pemotongan dana BSM (Bantuan Siswa Miskin) Rp 100.000 per siswa, J.siboro mengaku pengurus salah satu Ormas LMP (Laskar Merah Putih) di provinsi dan Siboro juga mengancam wartawan akan menurunkan pasukan dari simpang selayang, Medan untuk menculik bila main- main sama dia.

Untuk mengklarifikasi ancaman J.Siboro, Metro Dairi menemui J.siboro di SD Negeri Sibira,kecamatan Parbuluan,Dairi kamis(17/10) dan menindaklanjuti berita pemotongan BSM(Bantuan Siswa Miskin)Pada Siswa Rp 100.000 sampai Rp 150.000,- per siswa setiap pencairan,pada waktu dia menjabat Kepala Sekolah SD Negeri 030327 Laksa,Kecamatan Pegagan Hilir,Kabupaten Dairi.

Saat awak media ini ketemu sama Siboro diruangannya, Siboro pakai loreng ormas dengan atribut sebelah kanan gambar Garuda Pancasila dan ditulis Laskar Merah Putih(LMP). Dan Siboro langsung pulang bawa tas dengan alasan ke Dinas Pendidikan Dairi.

Awak media ini mencoba mencegat untuk mengkonfirmasi maksud sms pengancamannya namun Siboro mengatakan, tidak ada waktu ku meladeni anda, kalau anda ngajak berantem diluar aja kita main,katanya

Siboro langsung tancap gas dengan sepeda motornya keluar dari sekolah,saat dikejar siboro sudah menghilang.
Kemudian kru media menelusuri kebenaran dari pemotongan BSM oleh J.Siboro di sekolah asalnya SD Negeri 030327 Laksa, Kecamatan Pegagan Hilir, waktu menjabat kepala sekolah tahun 2013 sampai september 2014 .

Kepsek SD Negeri 030327 Laksa Marhaen br Tampubolon, Sabtu (18/10) mengakui ada pemotongan BSM Rp100 ribu persiswa.’’Pak Siboro yang perintahkan dana BSM anak-anak dipotong Rp 100ribu per orang untuk perongkosan dan biaya administrasi.

Saat ditanya jumlah penerima BSM, Marhaen tidak tau menahu.’’Saya tidak tau pak, semua data-data BSM dibawa Pak Siboro semua ke sekolah yang baru. Langsung aja bapak tanya lagi bapak itu, karena dia yang tau semuanya,’’katanya
pengakuan para guru-guru di SD laksa, bahwa Siboro dinilai arogan dan kebijakannya selalu meresahkan guru dan para orang tua.

Pada waktu itu Marhaen br Tampubolon sebagai Guru dan Bendahara di SD Laksa, setelah J.siboro dimutasikan ke SD Negeri Sibira, Parbuluan yang berdekatan dengan rumah Siboro, Marhaen menjabat Kepsek di sekolah tersebut.

Sebelumnya, J.Siboro saat dikonfirmasi melalui via seluler, Selasa(30/9) membantah ada pemotongan dana BSM (Bantuan Siswa Miskin) waktu menjabat kepala sekolah di SD Negeri 030327 Laksa. ’’Informasi itu tidakbenar jangan asal nuduhlah, dan biar tahu ya saya salah satu pengurus Pusat LMP (Laskar Merah Putih). Jadi jangan main-main dengan saya, nanti saya turunkan anggota dari Simpang Selayang, Medan biar tau siapa,‘’ujar Jonner Siboro.

Pemotongan dana BSM yang dilakukan oleh Jonner siboro terkuak saat orang tua penerima BSM marga Sinaga dipaksa menandatangi surat pernyataan yang isinya bahwa telah menerima uang sebesar Rp 450.000, namun Sinaga tidak mau menandatangani karena yang akan diterima Rp 350.000,- sehingga anak Sinaga tidak jadi mendapat dana BSM.

‘’Gak mungkin ku tandatangani Rp 450.000,- padahal yang saya terima tidak begitu. Dan saya tidak mau kolusi untuk hal-hal seperti itu, mungkin karena Kepsek kesal anak saya tidak diikutkan penerima BSM (Bantuan Siswa Miskin),’’ujar Sinaga

Simaibang, salah satu orang tua siswa penerima BSM juga menagkui dipaksa kepala Sekolah memberikan uang lelah Rp 150.000,-. Kalau tidak dikashi anaknya akan dicoret dari daftar penerima BSM. ’’Saya sebenarnya tidak setuju dengan cara Siboro, main patok. Tapi karena kami butuh saya terpaksa menandatangi surat pernyataan kepala sekolah bahwa tidak ada kutipan’’terang Maibang.(vd/ss/dr)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.