Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Tak Dapat Lapak, Kantor Dinas Pasar Labuhanbatu Akan Didemo

Tak Dapat Lapak, Kantor Dinas Pasar Labuhanbatu Akan Didemo

Rantauprapat, suarasumut.com  –  Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia dan sejumlah pedagang ikan Pasar Glugur akan mengelar aksi unjuk rasa di Dinas Pasar Labuhanbatu. Aksi ini dilakukan, terkait pedagang ikan yang tidak memperoleh lapak untuk berdagang.

“Ya, besok, Selasa, 1 September 2015 (hari ini-red) kami GMNI Labuhanbatu dan bersama sekira 30 orang pedagang di Pasar Glugur Rantauprapat akan berunjuk rasa di Dinas Pasar,” ujar M. Ridwan Nasution, Ketua GMNI Labuhanbatu, Senin, (31/8) sore di Rantauprapat.

Menurut Ridwan, GMNI mendesak Dinas Pasar agar memberikan regulasi peraturan cara mendapatkan lapak atau meja untuk berdagang. “Aksi tersebut akan menuntut Dinas Pasar Labuhanbatu dalam perolehan lapak berdagang yang tidak transparan,” katanya.

Seharusnya, kata dia, Pasar Glugur adalah pusat perbelanjaan warga Labuhanbatu, juga menjadi aktifitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan perekonomiannya terlebih lagi bagi pedagang ikan yang tidak memperoleh lapak. GMNI menolak peraturan yang sama sekali tidak pernah membuat permohonan pembangunan lapak dagangan bisa memperoleh meja.

Sekiranya, 7 (tujuh) orang pedagang yang jauh hari sudah melakukan permohonan tidak memperoleh lapak dagangan, padahal, dari 18 lapak permohonan pembangunan untuk berdagang diperuntukan bagi yang tidak membuat permohonan. Hal tersebut dinilai tidak adil.

Ridwan menyatakan, langkah yang akan ditempuh GMNI dan pedagang akan meminta pertanggungjawaban Dinas Pasar dalam menyelesaikan permasalahan pembagian lapak dagangan sesuai dengan nama-nama yang telah mengajukan permohonan.

GMNI Labuhanbatu juga meminta transparansi kepada Dinas Pasar Labuhanbatu lebih mengutamakan para pedagang lama dari Pasar Baru dan menjelaskan harga sewa lapak dagangan yang harus dibayarkan dalam sebulan atau setahun.

“Kami meminta Dinas Pasar, tidak diskriminatif, mengapa yang sudah mengajukan permohonan tidak dapat lapak, dan yang sudah mendapatkan lapak mengapa double (lebih dari satu),” katanya.(ab/ss/rp)

Lihat Juga

Sholat Idul Adha 1440. H/2019, Lapangan SB3 Kotapinang, Dipadati Ribuan Umat Muslim

Labusel | suarasumut.com  –  Ribuan Ummat islam memadati lapangan SBBBK Kotapinang melaksanakan Sholat sunnah Idul …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.