Beranda ›› Foto & Video ›› Sukses Dipemberdayaan Masyarakat, Kecamatan Bintang Bayu Dinobatkan Terbaik Se-Sergai

Sukses Dipemberdayaan Masyarakat, Kecamatan Bintang Bayu Dinobatkan Terbaik Se-Sergai

Sergai, suarasumut.com – Bintang Bayu, salah satu dari 17 kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sesuai dengan Peraturan Daerah No. 10 tahun 2006 tanggal 17 Oktober 2006 tentang Pembentukan Kecamatan Pergajahan, Tebing Syahbandar, Sei Bamban dan Bintang Bayu, wilayah Bintang Bayu yang sebelumnya masuk dalam wilayah Kecamatan Kotarih dimekarkan menjadi satu kecamatan.

Ditinjau dari sumber daya alamnya, wilayah Kecamatan Bintang Bayu merupakan potensi alam yang sangat besar. Dengan luas wilayah 66.891 Km² terdiri dari 19 desa memiliki populasi penduduk mencapai 11.230 jiwa dan hampir 70% sebagian besar wilayahnya merupakan wilayah perkebunan masyarakat, swasta dan PTPN serta 30% areal wilayahnya merupakan areal pertanian dan tempat tinggal.

Di bawah kepemimpinan Camat Bintang Bayu Sariful Azhar, SH terus memacu dan merangkul komponen masyarakatnya sesuai visi dan misi mendukung antara Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sergai dan Kecamatan Bintang Bayu demi mempercepat pembangunan di segala bidang secara menyeluruh. Disamping itu Kecamatan Bintang Bayu mampu mensejajarkan diri dengan kecamatan lainnya di Kabupaten Sergai.

Sebagai bentuk penghargaan karena telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan dalam bidang tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta keberhasilan usaha pemberdayaan masyarakat kecamatan di berbagai aspek pembangunan yang melibatkan seluruh jajaran pemerintahan Kecamatan dengan komponen masyarakatnya, Pemkab Sergai menyerahkan Tunggul Kecamatan Terbaik tingkat Kabupaten Sergai tahun 2014 kepada Kecamatan Bintang Bayu.

Selain Kecamatan Bintang Bayu terpilih menjadi kecamatan terbaik pertama, penghargaan yang sama juga diberikan bagi Kecamatan Dolok Merawan sebagai terbaik kedua disusul terbaik Kecamatan Dolok Masihul kemudian kecamatan terbaik empat diraih Kecamatan Pantai Cermin. Selanjutnya untuk Kecamatan Terbaik ke  Lima yaitu Kecamatan Tanjung Beringin dan terbaik ke enam diraih oleh Kecamatan Teluk Mengkudu.

Momentum penghargaan Tunggul Kecamatan Terbaik ini secara langsung diserahkan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman kepada Camat Bintang Bayu Sariful Azhar SH. Selain Tunggul Kecamatan Terbaik juga diserahkan piagam penghargaan masing-masing kepada Camat Terbaik, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Danramil dan Kapolsek Kecamatan Bintang Bayu. Upacara penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik ini dilaksanakan di Lapangan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Desa Bintang Bayu Kecamatan Bintang Bayu, Kamis (21/8).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman turut didampingi Dandim 0204/DS Letkol Inf Hanryan Indrawira, Wakil Ketua DPRD Drs. Abdul Rahim, M.Si, Ketua TP. PKK Kabupaten Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Asisten Pemum Drs. Ramses Tambunan, para Kepala SKPD, para Camat dan Ketua TP. PKK Kecamatan se-Kabupaten Sergai, Unsur Muspika, para Kades serta Ketua PKK Desa se-Kecamatan Bintang Bayu, anggota BPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda Karang Taruna, Tokoh Adat, anggota Paskibra, jajaran siswa SD hingga SMA se- Kecamatan Bintang Bayu.

Oleh karenanya, dalam arahan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengharapkan agar Kecamatan Bintang Bayu meningkatkan kemampuannya dan melakukan persiapan berupa ekspose, inovasi, dan kreatifitas maupun produk unggulannya pada perhelatan pemilihan kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara. Selain itu mampu mengukir prestasi lebih baik setelah sebelumnya pada tahun 2013 lalu dimana Kecamatan Dolok Merawan telah meraih juga penghargaan terbaik ketiga pada ajang yang sama, pungkas Soekirman.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.