Beranda ›› Foto & Video ›› Staf Ahli Gubernur Buka Rakerda BKKBN Se-Provinsi Jambi

Staf Ahli Gubernur Buka Rakerda BKKBN Se-Provinsi Jambi

Jambi, suarasumut.com –Rapat kerja BKKBN Provinsi Jambi laksanakan Program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga Tahun 2015, Kamis(16/04) di Hotel Golden Harvest.

Staf Ahli Bidang Pembangunan, Mualimah, membuka secara resmi rapat kerja daerah BKKBN se-Provinsi Jambi, turut mendampingi Kepala BKKBN Provinsi Jambi, Drs.Waspi, mewakili Kepala BKKBN RI oleh Inspektur Utama, Dra.Mike S. Syangian.

Sebagai narasumber, Kabag Perencanaan BKKBN Provinsi Jambi, Edi Purwoko, Kepala Bappeda, Fauzi Ansori serta LSM mitra kerja BKKBN Provinsi Jambi ada sebanyak 51 unsur kelembagaan.

Dikatakan oleh staf ahli Gubernur Jambi, Mualimah bahwa pembangunan berkelanjutan yang saat ini semakin mengemuka, menempatkan penduduk merupakan titik sentral dalam pembangunan. “Karena jumlah penduduk merupakan subjek dan objek pembangunan. Jumlah penduduk yang besar dengan pertumbuhan yang cepat, namun memiliki kualitas rendah akan memperlambat tercapainya kondisi ideal,”terangnya.

Dalam pemerintahan Joko Widodo, telah menempatkan pembangunan kependudukan dan keluarga berencana merupakan agenda pembangunan Nasional dalam Nawacita Ke-5 pada RPJMN 2015-2019. “Pemerintah telah menetapkan target untuk Tahun 2019 berupa angka kelahiran (TFR) sebesar 2.3 persen,”jelasnya.

Kebutuhan untuk ber-KB yang tidak terpenuhi sebesar 9.9 persen, angka prevalensi kontrasepsi (CPR) sebesar 66 persen. “Melalui pengendalian kuantitas penduduk yang tumbuh seimbang, diharapkan turut mendukung peningkatan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia,”tambahnya.

Untuk saat ini jumlah penduduk Se-Provinsi Jambi berdasarkan sensus penduduk 2010 sebanyak 3 (tiga) juta jiwa di sebelas Kabupaten Kota.

Sementara itu mewakili Kepala BKKBN RI melalui Inspektur utama, Mike Syangian sesuai dengan yang diamanatkan dalam rapat kerja nasional di Jakarta, dan saat ini diteruskan dalam rapat kerja daerah khusus di Provinsi Jambi sedang berjalan. “Dalam Rakerda ini merupakan program perencanaan yang harus di sampaikan kepada masing-masing dalam pemerintahan Kabupaten Kota melalui suatu bidang Progam KB,”paparnya.

Untuk Rakerda Kependudukan KB dan pembangunan Keluarga diikuti dari seluruh SKPD KB Kabupaten dan Kota serta beberapa LSM Mitra kerja Pemerintahan daerah. “Rakerda ini untuk menghadapi tahun pertama implementasi rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015-2019,”tegasnya.

Selanjutnya di tambahkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, Waspi mengatakan, dalam rakerda ini sesuai yang disampaikan oleh inspektur utama BKKBN RI. Sudah masuk dalam program RPJMN juga dalam Program KKBPK masuk didalam 9 agenda prioritas pembangunan (NAWACITA).

“Dari hasil rutin dari Tahun 2014 ada sejumlah peserta KB baru sebanyak 116.190 atau 112,61 persen dari PPM PB, jumlah peserta aktif KB 563.566 atau 127 persen dari PPM PA,”paparnya.

Dalam hal BKKBN juga bertanggung jawab untuk melakukan, Pertama, penguatan dan pemaduan kebijakan pelayanan KB dan kesehatan reproduksi, Kedua,  penyedian sarana dan prasarana serta jaminan ketersediaan alat dan obat kontrasepsi, Ketiga, peningkatan jumlah dan penguatan kapasitas tenaga lapangan KB dan tenaga kesehatan pelayanan KB.(ik/ss/jb)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.