Beranda ›› Kabar Sumut ›› Dairi ›› Sisa Dana Bedah Rumah Tahun 2014 Sebesar Rp.1,5 M Belum Tersalur

Sisa Dana Bedah Rumah Tahun 2014 Sebesar Rp.1,5 M Belum Tersalur

Dairi, suarasumut.com – Hingga saat ini, program bedah rumah yang dicanangkan Kementerian Perumahan Rakyat di Kabupaten Dairi, belum tuntas dilaksanakan kepada Rumah Tangga Sasaran (RTS). Pernyataan kalangan DPRD Dairi periode 1999-2014 serta dari berbagai sumber yang dapat dihimpun, uang untuk pembangunan rumah warga miskin sisa lebih kurang Rp. 1,5 M tidak diketahui secara pasti kemana disalurkan.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Ir Jisler Lumbanbatu kepada awak media, Kamis (23/10) mengaku tidak dapat memberikan keterangan tentang ketuntasan program bedah rumah di Dairi. Menurutnya, pihak Kemenpera telah menunjuk konsultan yang menangani pekerjaan tersebut.

“Kami tidak bisa memberikan keterangan sehubungan dengan program bedah rumah, karena sudah ditunjuk konsultan yang menangani. Data RTS, bisa juga diminta dari konsultan,” ujarnya menjawab telepon yang sebelumnya berjanji bertemu dan memberikan keterangan.

Konsultan Bedah Rumah Dairi, Gafur Simatupang, Kamis (23/10) di Sidikalang mengakui belum tuntasnya program bedah rumah di Dairi. Menurutnya, pihaknya juga sangat menginginkan ketuntasan program tersebut, sehingga pihak Kementerian tetap memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Dairi.

“Sebenarnya, kontrak kami sudah habis untuk program bedah rumah. Namun, karena niat kita juga sama untuk menuntaskan program ini, lebih baik kalian melakukan konfirmasi kepada para penyedia barang. Sejauh mana yang sudah mereka salurkan kepada RTS masing-masing kecamatan,” ujarnya.

Mantan anggota DPR RI, Ir Ali Wongso Halomoan Sinaga kepada awak media ini, Sabtu (25/10) mengaku akan tetap memberikan perhatian terhadap program bedah rumah tahun 2013 di Dairi. Menurutnya, dengan segala keterbatasannya akan melakukan berbagai lobi di Jakarta, sehingga program tersebut dapat tuntas.

“Temukan dulu persoalannya. Kalau nanti persoalan sudah ditemukan, mudah-mudahan saya akan upayakan untuk memberikan solusinya. Walau tidak lagi duduk di DPR RI, akan saya usahakan nantinya melakukan lobi di Kementerian. Dairi itu kampung kita, jadi tidak mungkin kita lupakan,” ujarnya berjanji.

Informasi yang didapat sehubungan dengan program bedah rumah dari Kemenpera, untuk Kabupaten Dairi berkurang jauh dari jumlah sebelumnya. Pengurangan tersebut diduga kuat karena bermasalah dan belum tuntasnya program tahun 2013 yang lalu hingga saat ini.(vd/ss/dr)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.