Beranda ›› Headline ›› Sidang Kerab Molor, Terdakwa Dan Saksi Mengeluh

Sidang Kerab Molor, Terdakwa Dan Saksi Mengeluh

Rantauprapat | suarasumut.com –   Meski Pengadilan Negeri Rantauprapat telah menetapkan jadwal sidang dimulai pukul 08.00 wib hingga pukul 16.30 wib, tapi sejumlah para Jaksa Kejari Rantauprapat yang dipimpin si Hermon Dekristo selalu datang terlambat. Alhasil sidang selalu molor. Bahkan, para saksi yang diundang oleh jaksa pun mengeluh karena harus menunggu berjam-jam.

“Didalam surat undangan jaksa, saya disuruh datang jam 10.00 wib. Tapi, hingga pukul 14.00 wib baru Jaksanya datang,” keluh salah seorang saksi kasus penganiayaan.

Parahnya, menurut Saksi dalam kasus penganiayaan yang dilakukan secara bersama-sama ini, setelah dirinya harus menunggu sejak pagi tadi, dirinya pun batal memberikan kesaksian di Pengadilan, dengan alasan jam kerja telah lewat.

“Sudah tau nya jaksa bahwa kami saksi ada empat orang, tapi sidangnya di mulai pukul 15.30 Wib. Hanya satu saksi sajalah yang bisa diperiksa. Sedangkan kami bertiga di paksa harus datang minggu depan. Jadi, terganggu kami nyari makan,” keluhnya lagi.

Hal yang sama juga dikatakan dari saksi pihak kepolisian. menurut saksi atas kasus narkoba ini, pihak jaksa seharusnya dapat menentukan jadwal pasti saat sidang. Sehingga, saksi yang datang tidak perlu menunggu hingga berjam-jam.

”Disuruh jaksa datang cepat. Rupanya jaksanya lama datang. Padahal, kalau cepat sidangnya, kami kan masih bisa bertugas lagi ke kantor. Ini tidak, kalau gak sore sidang gak senang Jaksanya,”ucap saksi kasus narkoba ini.

Hal serupa juga dikeluhkan sejumlah terdakwa yang ingin mengikuti sidang. Dimana, akibat sidang sering terlambat digelar banyak sidang terdakwa tertunda.

“Minggu semalam saya akan dituntut oleh jaksa. Tapi, karena sidang molor Jaksa meminta agar hakim menunda persidangan. Jadi, numpang kereng kami disini. Kalau bisa dikorankan saja ini pak, biar gak molor lagi sidang kami,”pinta sejumlah terdakwa yang batal mengikuti persidangan.

Kasi Intel kejari Rantauprapat Erfan Efendi YA belum dapat dikonfirmasi atas hal tersebut, sebab dihawatirkan jika dikonfirmasi Wartawan diduga akan ngajak duel lagi atau pukul meja, hingga atas keluhan para saksi dan terdakwa diharapkan dapat mengadu kepada siapa?, karena penegak hukumnya kalau dikonfirmasi selalu marah-marah.

Sementara itu, Humas Pengadilan Negeri Rantauprapat R.Aji Suryo menjelaskan jika pihaknya selalu siap menjalankan sidang kapan saja selama masih jam kerja kantor.

“Kalau hakim sifatnya kan menunggu. Sebab sidangnya kan disini. Kalau Jaksa datang minta kita sidang ya kita sidangkan. Selama itu masih jam kerja. Terkadang, walaupun jam kerja sudah lewat, sebagian hakim masih mau sidang,” katanya.

Amatan Wartawan, Pengadilan Negeri Rantauprapat menggelar sidang perdata pada pgi hari. Sedangkan, sidang pidana umum dan khusus digelar pada siang hari sekitar pukul.14.00 Wib hingga pukul 17.00 wib. Hal itu dikarenakan, mobil pembawa tahanan tahanan tiba di Pengadilan Negeri Rantauprapat pukul 13.30 wib.(ab/ss/rp)

Lihat Juga

Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata Nias Diikuti 20 Finalis

Nias | suarasumut.com –  Grand final putri pariwisata Kabupaten Nias diikuti sebanyak 20 finalis Putri …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.