Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Setiap Hari BBM Bersubsidi Dari TBBM Sibolga “DIRAMPOK”

Setiap Hari BBM Bersubsidi Dari TBBM Sibolga “DIRAMPOK”

Sibolga, suarasumut.com – Bahan Bakar Minyak (BBM) yang didistribusikan dari TBBM (Terminal BBM) region III , Depot Pertamina Sibolga, hampir setiap harinya dari setiap pendistribusian BBM tersebut, dinyatakan “Dirampok”, saat pendistribusian berlangsung.

Adapun modus “Perampokan” BBM tersebut adalah saat Truk Tangki pengangkut BBM usai mengisi muatannya dari TBBM Sibolga, Setelah keluar , barulah BBM yang hendak diangkut ke sejumlah daerah kerja Depot Pertamina Sibolga, dicuri dari dalam truk tangki pengangkut, dengan cara membuka Segel yang sudah dipasang pada bagian kran minyak keluar pada bagian samping truk, dan kemudian segel yang sudah dirusak dipasang dengan serap yang sudah mereka persiapkan.

Anehnya, lokasi pencurian BBM dari truk tangki yang biasa disebut dengan istilah”truk tangki kencing” itu hanya beberapa kilometer saja lokasinya dari Depot pertamina Sibolga.

Aksi “Perampokan BBM” di Kota Sibolga yang sudah berlangsung sejak tahun 2006 itu, disampaikan langsung oleh Ampera Panjaitan salah seorang Aktivis LSM Cakra, kepada wartawan.

Ampera mengatakan, dari sejak tahun 2006 lalu aksi perampokan BBM di Kota Sibolga sudah berlangsung, meski hal itu bertentangan dengan UU Migas nomor 22 tahun 2001, pasal 55 dan Pasal 57, tentang penyimpangan perniagaan maupun pendistribusian BBM bersubsidi dan non subsidi, yang mana setiap pelaku akan dipidana Lima tahun dan Denda Rp.6.000.000.000,” sebut Ampera.

“Namun anehnya, meski aksi ini sudah berlangsung lama, tapi sampai hari ini, kita belum pernah mendengar keluhan dari sejumlah pengusaha SPBU seperti yang ada di kota Sibolga, yang mengaku bahwa setiap BBM yang mereka terima dari TBBM Sibolga berkurang, meskipun BBM yang ada didalam truk tangki sebelumnya sudah dikeluarkan di tempat pengompengannya yang banyaknya satu hingga dua drum dari setiap truknya,”sambungnya.

“Hal yang menjadi pertanyaan bagi kita adalah sumber BBM yang dikeluarkan oleh para sopir Truk tangki tersebut, sebab rata-rata Truk tangki Merk Pertamina itu memasuki tempat” Pengompengan BBM” yang menjadi langganannya, setelah mengisi muatannya dari TBBM Sibolga di.Jln.Janggi Sibolga,” lanjutnya.

Masih menurut Ampera Panjaitan, Kalau melihat aksi ini, kita menduga sudah memiliki sindikat, dalam artian sudah merupakan satu organisasi kejahatan terorganisir, dan dari amatan kami BBM yang sudah “dirampok” tersebut oleh pengelola gudang “pengompengan BBM” lalu dipasarkan ke tangkahan, maupun pengecer BBM”,tandasnya.

Sementara itu Pihak TBBM PT.Pertamina (Persero) Marketing OPRATION Region I Sibolga, di jalan NO.17, ketika dicoba untuk dikonfirmasi terkait aksi “Perampokan” BBM yang mereka distribusikan, tidak satupun yang mau bersuara ketika dicoba untuk bisa konfirmasi langsung kepada HO (head Opeartian) TBBM sibolga. (fs/ss/sb)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.