Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Sesuai Namanya, Kampung Organik Dan Kampung Iklim Diresmikan

Sesuai Namanya, Kampung Organik Dan Kampung Iklim Diresmikan

Tebingtinggi | suarasumut.com  –  Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan bersama Wakil Walikota H.Oki Doni Siregar meresmikan Kampung Organik di Kelurahan Lalang dan Kampung Iklim di Kelurahan Tanjung Marulak Hilir, Kamis (3/3) dilahan warga Kelurahan Lalang Saliman yang berlokasi di Gang Jamu.

Peresmian Kampung Organik ini ditandai panen perdana 11 macam tanaman sayur organik diantaranya Sawi, Kangkung, Bayam, Kacang panjang, Bunga kol, Gambas, Tomat, Bayam hijau, Cabe dan lain-lain sayuran.

Walikota menyampaikan apresiasi yang tinggi buat Pak Saliman yang menjadi pelopor petani organik, meski pun lahan yang dipakainya dengan menyewa. “Saya sebagai Walikota mengapresiasi atas keberhasilan pak Saliman sebagai petani Organik. Saya mendengar hasilnya cukup membanggakan,”kata Walikota saat menyampaikan langsung dihadapan Saliman.

“Dengan bertani menanam berbagai macam sayuran yang dilakukan menjadi biaya rumah tangga semakin kecil, mau sayur tinggal ambil kita hanya masak nasi saja, lauk cukup banyak disini, dan kedepanya kita upayakan pula dengan beternak ikan, karena ada juga tanaman hidroponik, dibawahnya bisa dibuat ternak ikan,”ujarnya.

Walikota mengatakan, siapa saja mau berusaha dan bersyukur kepada Allah.Swt, pasti ada saja jalan yang dibukannya untuk memperoleh rezeki.

Dimasa mendatang jika Kampung Organik ini dapat mampu bergerak lancar dengan munculnya Saliman-saliman lainnya kita upayakan untuk dijadikan wisata Holtikutura, siapa saja boleh datang kemari untuk membeli sayuran disini, kita akan perbaiki jalannya, tidak perlu masuk mobil jalan kaki saja,”ujarnya.

“Saya yakin dan percaya apabila nanti bisa kita wujudkan menjadi tempat wisata Holtikultura, akan banyak orang yang datang kemari apalagi jalan Tol tahun depan akan selesai, yang paling istimewa adalah sayur-sayuran disini tidak menggunakan pestisida,”papar Walikota seperti iklan.

Kepada petani diharapkan Walikota, lahan-lahan yang kosong dan tidak dimanfaatkan segera tanami dengan berbagai jenis sayuran seperti yang dilakukan pak Saliman, dan manfaatkan daun-daunan yang sudah menjadi sampah untuk diolah dijadikan pupuk kompos.

Walikota menyampaikan apresiasi PT.Tanindo yang membantu petani dengan menyalurkan bibit tanaman yang berkualitas, kami berharap PT.Talindo juga memberikan penyuluhan kepada para petani, Dinas Pertanian, DKP dan Lingkungan Hidup. “Saya harapkan menjadi mediator dan memberikan informasi seluas-luasnya kepada petani tentang pertanian,”harapnya.

Pada kesempatan tersebut H.Umar Zunaidi Hasibuan, H,Oki Doni Siregar melakukan panen perdana dari lahan Saliman dengan memanen tanaman sayur bunga kol. (ag/ss-tt)

Lihat Juga

Bupati Nias Ajak Gelar Turnamen Volly Bina Atlet Nias

Nias | suarasumut.com –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM mengajak semua pihak untuk menggelar turnamen …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.