Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Sergai Sosialisasi Berat Muatan Kendaraan Angkutan Dan Kelas Jalan

Sergai Sosialisasi Berat Muatan Kendaraan Angkutan Dan Kelas Jalan

Sergai | suarasumut.com  –  Infrastruktur jalan mempunyai peranan yang sangat strategis dalam mendukung kegiatan ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan di sebuah daerah. Dalam mewujudkan hal tersebut,Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman, Rabu (2/11) menggelar Sosialisasi Berat Muatan Kendaraan Angkutan dan Kelas Jalan di Aula Hotel Resort Theme Park, Kecamatan Pantai Cermin.

Hadir dalam acara tersebut,Kadis Perhubungan Drs. Herlan Panggabean, Kasat Pol PP Drs. Amir Panggabean, Kabag Humas Benny Saragih dan Kabag Hukum Surian Syahrizal serta narasumber Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, SH, S.IK, MH, Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, MSi, Kadis Bina Marga Darwin Sitepu dan Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Rudy Sitorus SH.

Lebih lanjut disampaikan Bupati H. Soekirman bahwa terbatasnya ketersediaan sarana dan prasarana jalan serta masih lemahnya sistem regulasi dalam pengaturan dan pengawasan pergerakan barang dengan menggunakan angkutan barang di jalan, merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan seluruh stakeholder.

Kendaraan dengan muatan berlebih (over tonase) menjadi permasalahan penyebab kerusakan karena mengakibatkan penurunan kondisi dan kualitas jalan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Pelanggaran muatan dan dimensi mobil barang, menjadi pembicaraan hangat yang banyak disorot oleh masyarakat yang langsung menerima dampak dari pelanggaran tersebut sehingga membutuhkan perhatian seluruh elemen masyarakat dan pemerintah. Oleh karena itu, Bupati Soekirman mengajak semua pihak turut berpartisipasi dalam mendukung terwujudnya “zero overload” dengan fungsi masing-masing.

Soekirman menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai dalam upaya mewujudkan kondisi jalan yang baik dan berkualitas akan terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana jalan dengan melakukan pemeliharaan dan memperketat pengawasan muatan berlebih di jalan. “Sesuai Peraturan Perundang-Undangan telah ditetapkan bahwa jalan kabupaten adalah jalan kelas III yang dapat dilewati kendaraan dengan tonase maksimal 8 ton,”pungkas Soekirman.

Sebelumnya Kabid Perhubungan Darat M. Siahaan dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti para Camat dan pengusaha/pemilik angkutan barang se-Sergai bertujuan untuk memberikan pemahaman Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang sesuai dengan Kelas Jalan yang ada di wilayah Sergai dan pentingnya jalan sebagai moda transportasi darat untuk meningkatkan perekonomian.(az/ss-sb)

Lihat Juga

Sholat Idul Adha 1440. H/2019, Lapangan SB3 Kotapinang, Dipadati Ribuan Umat Muslim

Labusel | suarasumut.com  –  Ribuan Ummat islam memadati lapangan SBBBK Kotapinang melaksanakan Sholat sunnah Idul …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.