Beranda ›› Foto & Video ›› Sergai Gelar Pelatihan Kapasitas BPD Di Parapat

Sergai Gelar Pelatihan Kapasitas BPD Di Parapat

Parapat, suarasumut.com – Bertolak dari pelaksanaan pembangunan desa pada masa lalu yang bersifat sentralistik yang mengesampingkan potensi masyarakat lokal menyebabkan hasil pembangunan yang tidak memberi manfaat luas bagi masyarakat. Hal itu dikarenakan tidak adanya kepedulian dan rasa tanggungjawab masyarakat dalam memelihara dan menjaganya.

Jika dibandingkan dengan saat sekarang ini dalam pembangunan desa, masyarakat selalu ditempatkan sebagai pelaku pembangunan yang berperan aktif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan dan pengawasan. Hal ini bertujuan agar pembangunan lebih tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan daerahnya.

Hal ini dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman pada saat membuka acara secara resmi Pelatihan Penguatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Sergai Tahun 2015 bertempat di Niagara Hotel & Resorts Parapat, Kamis malam (23/4).

Turut hadir Ketua PPRD H. Syahlan Siregar ST, anggota DPRD Usman Sitorus, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) H. Karno Siregar MAP, Kepala Bapeda H. Taufik Batubara, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, para Camat se-Sergai dan Narasumber.

Lebih lanjut Bupati H. Soekirman mengingatkan kembali kepada seluruh pelaku dan stakeholders pembangunan desa bahwa dengan diberlakukannya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa memiliki posisi strategis dan penting dalam pembangunan Indonesia. Pembangunan itu dikatakan sukses apabila pembangunan disetiap desa berjalan dengan lancar dan sukses.

Untuk mendukung suksesnya pembangunan diperlukan sinergitas dan koordinasi semua stakeholder baik pemerintah, BPD, lembaga masyarakat serta warga dengan menyamakan persepsi dalam rangka menyikapi perkembangan dalam mengatasi masalah yang terjadi dibidang pembangunan sosial dan ekonomi dengan penguatan kelembagaan pemberdayaan masyarakat.

Diakhir sambutannya H. Soekirman berharap pelaksanaan penguatan kapasitas BPD dengan tema “Desa Membangun Kabupaten Sergai” dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya agar pembangunan desa dapat berjalan lebih baik serta menghimbau kepada seluruh unsur pemangku untuk berhati-hati dalam mengelola dana/keuangan yang bersumber dari dana desa baik dari APBN maupun APBD.

Sebelumnya Ketua DPRD H. Syahlan Siregar ST menyampaikan bahwa BPD itu juga merupakan unsur penyelenggara pemerintahan desa yang tugas dan kewenangan sebagai penampung aspirasi masyarakat desa, bersama pemerintah desa membuat peraturan desa dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa (Kades). Oleh karenanya marilah kita saling bekerjasama dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten ini, ujar Syahlan Siregar.

Sementara itu Ketua Asosiasi BPD Raden Sarjono memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Sergai yang telah melaksanakan kegiatan ini sehingga menambah dan meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang penyelenggaraan pembangunan desa. BPD akan bekerjasama dengan pemerintah desa dalam mendukung pelaksanaan pembangunan daerah, ujar Sarjono.

Ketua Panitia Kepala BPMPD H. Karno Siregar SH melaporkan bahwa kegiatan yang diikuti 237 Ketua BPD se-Sergai dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 33-24 April 2015. Materi yang disajikan antara lain sistem perencanaan desa, peranan BPD dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, BUMDes, Gerbang Swara dan CSR, Teknologi Tepat Guna (TTG) dan batas desa serta peraturan desa.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar para peserta memahami tugas, kewajiban, wewenang, hak dan larangan sebagaimana diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa serta terjalinnya kerjasama dan hubungan yang harmonis antara Kades dan BPD sebagai mitra dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Sehingga diharapkan terlaksananya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan baik.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.