Beranda ›› Foto & Video ›› Sergai Canangkan Bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan Tahun 2015

Sergai Canangkan Bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan Tahun 2015

Sergai, suarasumut.com – Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) sesuai Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Penduduk dan Pembangunan Keluarga menyatakan bahwa program pengendalian penduduk dan KB harus dilakukan dengan meningkatkan partisipasi seluruh lapisan diberbagai lapisan tingkatan, baik dari unsur pemerintah, swasta, tokoh masyarakat, tokoh agama dan mitra kerja.

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang diwakili oleh Drs. H. Haris Fadillah, M.Si secara resmi membuka Pencanangan Bulan Bhakti Ikatan Bidan Indonesia-Keluarga Berencana-Kesehatan (IBI-KB-Kes) tingkat Kabupaten Sergai, Selasa (28/4). Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak dua kali ini dilaksanakan di Wisma Amerta Adolina Kecamatan Perbaungan.

Turut hadir dalam acara Ketua GOPTKI Ny. Sri S Syahrianto, Sekretaris BKKBN Provsu Dra Hj Rabiatun Adawiyah, Asisten Ekbangsos H. Hadi Winarno, MM, Kepala BPPAKB Hj. Irwani Jamilah SH, para Camat, Ketua IBI Kabupaten Sergai Elisabet Bangun, serta PLKB, KUPTD Kecamatan, bidan dan tenaga kesehatan Se-Sergai.

Lebih lanjut Bupati Soekirman mengatakan pelaksanaan pelayanan program KB senantiasa terintegrasi dengan kegiatan kelangsungan hidup ibu, bayi dan anak serta penanggulangan masalah kesehatan dan kesetaraan gender sebagai salah satu upaya pemecahan hak-hak reproduksi kepada masyarakat. Memperhatikan hal-hal tersebut maka operasional pelaksanaan program KB perlu dikelola secara lebih serius, profesional dan berkesinambungan sehingga upaya-upaya tersebut memberikan kepuasan bagi semua pihak yang pada akhirnya akan meningkatkan kesertaan masyarakat dalam ber-KB, terhindar dari masalah kesehatan, reproduksi, serta meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Bupati Soekirman mengatakan Kabupaten Sergai merupakan Kabupaten penyanggah utama di Provsu. Kabupaten Sergai telah melaksanakan berbagai program-program revitalisasi dengan menggerakkan kembali program KB secara bersama, antara pemerintah, swasta dan masyarakat seperti organisasi profesi, dokter, bidan, TP PKK dan menggerakkan kembali peran tokoh agama, tokoh masyarakat, pelayanan KB yang berkualitas dengan berfokus pada Pasangan Usia Subur (PUS) Muda Paritas Rendah (MUPAREN) melalui daerah tertinggal, terpencil, pantai dan daerah perbatasan atau yang dikenal dengan istilah “Galciltaitas”.

“Selain itu kita juga meningkatkan sosialisasi melalui media komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) dengan menggunakan fasilitas yang telah kita miliki yaitu Mobil Unit Penerangan (MUPEN) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat KB,” ungkap Bupati Ir Soekirman.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris BKKBN Provsu Dra. Hj. Rabiatun Adawiyah mengatakan program kesehatan merupakan program pemerintah yang sangat penting dan harus mendapat perhatian penuh dari kita semua. Program KB bukan hanya sekedar membatasi jumlah anak tapi jauh kedepannya mempunyai tujuan yang sangat mulia yaitu menjadikan keluarga kita menjadi keluarga yang berkualitas dan sejahtera dimasa yang akan datang.

Sebelumnya Kepala BPPAKB Hj. Irwani Jamilah SH dalam laporannya mengatakan tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengelolaan dan pelaksanaan pelayanan KB Kesehatan melalui Bhakti Sosial IBI Kabupaten, kemudian meningkatkan akses dan cakupan pelayanan peserta KB serta meningkatkan kualitas pelayanan KB dan kesehatan untuk menurunkan angka kematian dan kesakitan ibu, bayi/anak serta angka kelahiran.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Danramil 09/Sirombu Turut Sukseskan Program KB Manunggal

Nias Barat | suarasumut.com  –  Beberapa tahun belakangan pemerintah melibatkan TNI dalam mensukseskan program KB …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.