Beranda ›› Headline ›› Seminar/Sosialisasi Pengelolaan Perpustakaan Se-Sibolga Resmi Dibuka Sekdakot

Seminar/Sosialisasi Pengelolaan Perpustakaan Se-Sibolga Resmi Dibuka Sekdakot

SIBOLGA, suarasumut.com – Seminar pengelolaan perpustakaan tingkat SD, SLTP, dilaksanakan di Gedung Nasional Jalan Ferdinan L. Tobing Kota Sibolga, Kamis (12/06) dimulai jam 9.00 wib. Acara pembukaan seyogianya dibuka Walikota Sibolga tapi berhubung ada tugas luar kota, pembukaan acara tersebut dilakukan Sekda Kota Sibolga M. Sugeng. Seminar dihadiri Pimpinan SKPD se-Kota Sibolga dan undangan pihak sekolah sekolah yang ada di Kota Sibolga.

Mengawali pembukaan seminar, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga, Drs. Saut Parapat membacakan laporan tentang tahapan pelaksanaan seminar yang dasar pelaksanaannya berlandaskan UU RI No 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, UU RI No 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, UU No 25 Tahun 2005 tentang sistem Pendidikan Nasional, UU No tentang Pemerintahan Daerah, Perda Kota Sibolga No 12 Tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja lembaga teknis Kota Sibolga dan Keputusan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Sibolga nomor 041/18/KPDA/2014 tanggal 09 juni 2014 tentang kepanitiaan pelaksanaan seminar pengelolaan perpustakaan bagi pengelola perpustakaan Sekolah tingkat SD, SLTP, Pengelolaan Perpustakaan Kecamatan, RSU, Puskesmas dan Rumah Ibadah se Kota Sibolga tahun 2014.

Adapun maksud dan tujuan seminar ini dilaksanakan sambung Daud Parapat, adalah untuk meningkatkan peran dan fungsi pustakawan SD, SLTP, Pengelola perpustakan kecamatan, Kelurahan, RSU, Puskesmas dan rumah ibadah se-kota Sibolga tahun 2014, dalam menumbuh kembangkan budaya gemar membaca para anak didik dan masyarakat yang diawali sejak dini sehingga perlu dibekali dengan pengetahuan dan kemampuan melalui seminar pengelolaan perpustakaan.

PESERTA

Peserta seminar pengelolaan perpustakaan sekolah tingakat SD dan SLTP, untuk pengelola perpustkaan Kecamatan ,Kelurahan, Perpustakaan Rumah Sakit Umum,Puskesmas dan Rumah ibadah yang telah mendapat bantuan bahan pustaka baik itu dari badan perpustakan Propinsi Sumatera Utara maupun dari kantor perpustakan dan Arsip kota Sibolga,masing masing terdiri dari satu orang pengelola perpustakaan. Jumlah peserta keseluruhan nya adalah 100 orang. Adapun materi pembelajaran yang akan disampaikan pada seminar pengelolaa perpustakaan ,yang dibawakan narasumber dari badan perpustakaan arsip dan dokumentasi provinsi Sumatera Utara adalah layanan Perpustakaan (sebuah tinjauan praktis) serta pengolahan bahan perpustakaan.

“Sedangkan biaya pelaksanaan kegiatan seminar ini ditampung pada APBD Kota Sibolga tahun 2014, yang di poskan pada Anggaran Kantor Perpustakaan dan Arsip kota Sibolga,” ucapnya.

Kata sambutan Walikota sibolga yang dibacakan Sekda kota Sibolga M. Sugeng mengatakan, “pengelolaan perpustakaan merupakan salah satu sarana informasi yang memiliki tugas penting dalam menunjang proses kegiatan organisasi baik pemerintah maupun swasta. Pengelolaan perpustakaan tidak hanya menghimpun serta mengelola bahan pustaka atau buku buku tetapi memiliki ruang lingkup yang luas menyangkut seluruh aspek kehidupan. Pengelolaan perpustakaan harus memenuhi beberapa kriteria yaitu, ketrampilan, ketelitian, kerapian dan kecerdasan,” jelas Wali Kota yang dibacakan oleh Sekda.

“Memiliki ketrampilan berarti mempunyai petugas pengelola yang cekatandan teliti dalam memanfaatkan dan memilah milah bahan perpustakaan sehingga pengelolaan perpustakaan akan cepat dan tepat serta mempunyai ketelitian dan kecermatan yang tinggi sehingga tidak salah menyajikan informasi dan sumber dalam mengelola perpustakaan. Kerapian petugas pengelolaan perpustakaan harus rapi setiap saat sehingga dalam memberikan pelayanan yang cepat tepat dan lancar. Kecerdasan seseorang dapat menganalisa masalah masalah yang dihadapi, dengan perkembangan dunia yang semakin canggih kita harus mempunyai terobosan salah satu diantaranya dengan komputerisasi. Cara kerja petugas pengelola perpustakaan adalah dimulai dari masa sekarang sampae mundur kebelakang untuk menghimpun semua buku buku atau dokumen kemudian bergerak kedepan untuk memonitor dan mengelola buku buku dan bahan bahan pustaka serta memberdayakan nilai nilai yang ada dalam bahan pustaka tersebut,” lanjutnya.

“Pengelolaan perpustakaan yang baik tidaklah semudah mengucapkannya, karena mengelola bahan pustaka dana sarana dan prasarana yang memadai sehingga memerlukan sumber daya yang handal,“ ucap Walikota.

“Dengan dasar inilah hari ini kita mengadakan seminar atau sosialisasi pengelolaan perpustakaan dilingkungan pemerintah Kota Sibolga untuk meningkatkan wawasan serta pemahaman, ketrampilan petugas, mengelola bahan pustaka bagi masyarakat dan pemerintah kota sibolga,” tegas Wali Kota dalam sambutannya.

Walikota Sibolga mengharapkan kepada nara sumber yang berasal dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Sumatera Utara dapat memberikan ilmu yang dimiliki kepada seluruh peserta sosialisasi dan dan dapat memberikan pemahaman dan pengelolaan bahasa pustaka yang baik dan kepda peserta sosialisasi diharap kan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan penuh semangat dengan harapan ilmu yang didapat dterapkan pada SKPD dimana saudara bertugas dan juga kepada masyarakat Sibolga, terang Wali Kota mengakhiri sambutannya. Seminar berlangsung dua hari  pada hari kamis tgl 12/6 dan hari jumat tgl 13/6. (mb/ss/sb)

Lihat Juga

PD Gerakan Pemuda Alwashliyah Labusel Dilantik

Labusel | suarasumut.com  –  Pengurus Pimpinan Daerah Gerakan Pemuda Alwashliyah (GPA) Kabupaten Labuhanbatu Selatan dilantik …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.