Beranda ›› Headline ›› SEMARI Pertanyakan Sikap Mendagri Terkait RAPBD Riau 2015

SEMARI Pertanyakan Sikap Mendagri Terkait RAPBD Riau 2015

Jakarta, suarasumut.com – Kalangan mahasiswa yang tergabung dalam Serumpun Mahasiswa Riau (semari) mempertanyakan sikap Mendagri RI Tjahjo Kumolo yang menolak menyetujui revisi RAPBD Riau Tahun 2015.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Semari, Andi Zaidul Khair, Jumat (12/12) di Jakarta. Ia menilai penolakan tersebut merupakan “manuver politik” dan bentuk ikut campur pemerintahan pusat terhadap politik anggaran di Daerah.

“Mendagri sebagai perpanjangan tangan pemerintahan pusat sebaiknya tidak bermain politik, ia harus objektif dan bebas dari kepentingan partai politik,” ujarnya tegas

Mahasiswa juga menyesalkan pernyataan Mendagri yang secara terang-terangan mengatakan terdapat anggaran “bodong” dalam RAPBD Provinsi Riau Tahun 2015. “Terlalu jauh bila Mendagri mengatakan demikian, harusnya ia membeberkan kepada publik anggaran apa yang dimaksud agar tidak memberikan preseden buruk terhadap pemerintahan daerah,” tukas Zaid

Hal senada diungkapkan oleh Usep Mujani, aktivis Konfederasi Organisasi Daerah Nusantara (Kodenusa), organisasi bersama mahasiswa daerah se Indonesia.

Ia mengingatkan Mendagri seharusnya dapat memberikan supervisi dan pengawasan bila terdapat masalah administratif, bukan sebaliknya menyatakan pernyataan yang mensubordinasi pemerintahan daerah. “Mendagri sudah keterlaluan bila mengumbar pernyataan yang tidak sepatutnya, kami berharap pemerintahan pusat mendorong pemerintahan daerah untuk bekerja cepat bukan sebaliknya,” pungkasnya.(cc/ss/ri)

Lihat Juga

Tingkatkan Produksi Minyak, Pertamina Disarankan Fokus Kegiatan WOWS

JAKARTA | suarasumut.com  –  Menanggapi pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan …

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.